Bantu Siapkan Lahan, Babinsa Bontocani Optimis Bawang Merah Watangcani Akan Berkembang

0
10

BONE – Babinsa Koramil 1407-20/Bontocani Sertu Haruddin turut membantu pembuatan bedeng di lahan milik warga binaan di Dusun Jawi-Jawi, Desa Watangcani, Kec. Bontocani, Kab. Bone.

Pertanian Bawang Merah di Desa Watangcani mendapat perhatian khusus oleh Babinsa, ” Untuk pertama kalinya tanaman Bawang Merah akan di tanam di Watangcani, ini merupakan terobosan baru oleh bpk Bahtiar dan menjadi awal yang baru bagi warga Desa,” tutur Sertu Haruddin.

Sertu Haruddin menjelaskan proses menanam bawang merah yang pertama kali dilakukan tentu saja penuh dengan tantangan yang berat, tentu saja sebagai pemula banyak kesulitan di awal dalam merintis.

Dalam bertani Bawang Merah, kegagalan merupakan bagian yang tak terhindarkan, mulai dari keterbatasan pengetahuan dalam pemilihan bibit, pengolahan yang kurang tepat hingga pengaruh cuaca yang kurang mendukung

“Namun, melihat kondisi alam untuk Desa Watangcani yang sebagian besar merupakan pegunungan dan perbukitan serta beriklim tropis, sangat cocok untuk berbagai macam tanaman palawija, termasuk salah satunya tanaman bawang merah,” ungkap Babinsa penuh optimis.

Sebisa mungkin, Babinsa akan mendampingi petani menerapkan sistem pertanian yang baik untuk meningkatkan produktivitas tanaman bawang merah mulai dari penyiapan lahan, penanamam, perawatan hingga masa panen.

“Bila perlu, kedepan akan menyiapkan demonstrasi demplot percobaan, dan pembinaan terhadap warga yang akan mencoba dan mengembangkan budi daya Bawang merah,”terang Babinsa. (Pendim 1407/Bone)