Pelantikan Pengurus Majelis Perwakilan Kelas SMAN 1 Soppeng

0
307

Soppeng – SMAN 1 Soppeng laksanakan pelantikan Pengurus Majelis Perwakilan Kelas (MPK) Masa Bhakti 2022-2023 dilapangkan upacara yang dihadiri oleh seluruh guru dan siswa. Senin (29/08/2022)

Majelis Perwakilan Kelas atau akrab kita dengar dengan sebutan MPK salah satu Organisasi Yang dapat menampung ide-ide dari warga kelas kemudian menyerahkan ide tersebut kepada OSIS yang diseleksi untuk dapat dijadikan program kerja OSIS. Pentingnya peran MPK juga nampak dari penentuan kandidat ketua OSIS pada periode selanjutnya.

Salah satu tugas pokok yang dimiliki MPK ialah mengawasi kinerja OSIS, Hal yang diawasi oleh MPK adalah kegiatan atau acara yang diselenggarakan oleh OSIS apakah sudah sesuai dengan proker (program kerja) dan tujuan acara yang telah disepakati atau belum, Namun tidak hanya mengawasi kegiatan yang berlangsung, MPK juga berwenang untuk memberikan evaluasi diakhir kegiatan apabila terdapat kekurangan yang perlu dibenahi dari kegiatan tersebut.

Ulil Abshar Said, Ketua Majelis Perwakilan Kelas kepada awak media menyampaikan bahwa MPK memiliki tugas menjadi penyambung aspirasi dari para siswa kepada sekolah, karena para pengurus MPK ini juga diseleksi dari perwakilan-perwakilan di setiap kelas. Salah satu tugas besar MPK di SMA Negeri 1 Soppeng adalah menentukan kandidat ketua OSIS sekaligus mengatur pelaksanaan pemilihan ketua OSIS. MPK memiliki kewenangan di antaranya adalah mengawasi kinerja OSIS dalam menjalankan tugas-tugasnya selama masa jabatannya berlangsung. Selain mengatur pelaksanaan pemilihan ketua OSIS, MPK juga bertugas mengatur pelaksanaan pemilihan pengurus OSIS, yang nantinya akan melaksanakan program sekolah dan dikawal oleh MPK.

Terlepas dari fungsi dan tugas MPK kerjasama dan perhatian siswa di SMA 1 Soppeng juga sangat diperlukan supaya kinerja MPK bisa meningkat dan sesuai yang diharapkan oleh seluruh warga sekolah.(*)

Reporter : A.Adhy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here