OSIS SMAN 1 Soppeng Bersama Tim Amal BKKS Salurkan Bantuan Sebagai Implementasi PPK

0
102

SOPPENG – Salah satu bentuk implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SMAN 1 Soppeng, melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) bekerja sama dengan Lembaga Kemanusiaan Tim Amal BKKS menyalurkan infak dan sedekah berupa Sembako kepada warga yang membutuhkan di Kab.Soppeng, Kamis (28/04/2022)

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan kebijakan pendidikan yang tujuan utamanya adalah untuk mengimplementasikan Nawacita Presiden Joko Widodo dalam sistem pendidikan nasional. Kebijakan PPK ini terintegrasi dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yaitu perubahan cara berpikir, bersikap, dan bertindak menjadi lebih baik.

Ketua OSIS Muh.Alif Nur Azhari kepada awak media bahwa kegiatan ini sebagai agenda rutin dilaksanakan sebagai program OSIS dalam bentuk kepedulian sosial. Pengumpulan dana yang dilakukan OSIS merupakan bentuk keikhlasan dan keinginan bersama sehingga semua dana yang terkumpul di serahkan kepada warga yang kurang mampu melalui lembaga Kemanusiaan Tim Amal BKKS untuk di salurkan bersama kepada warga yang membutuhkan

Senada yang di sampaikan oleh Koordinator Sekbid 1 Pembinaan Ketaqwaan terhadap Tuhan yang maha esa Dian Meilani bahwa dana yang terkumpul dari Jumat sedekah di salurkan untuk masyarakat Yang kurang mampu melalui lembaga Kemanusiaan Tim Amal BKKS sedangkan untuk open donasi dari forum Ektarakurikuler panyaluranya melalui program kegiatan Anjansana ke Pasatren dan untuk program Kegiatan Peduli sahabat di berikan kepada Siswa SMAN 1 Soppeng yang membutuhkan.

Mardiah, S. Pd. salah seorang guru yang mendampingi siswa mengaku berbangga. Penerapan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) telah diaplikasikan oleh siswa karena mereka berinisiatif sendiri untuk memberikan bantuan kepada kaum dhuafa, Itu artinya Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SMAN 1 Soppeng alhamdulillah sukses. Di dalamnya tumbuh jiwa empati, religiusitas, nasionalisme, gotong-royong, mandiri, dan integritas. Saya berharap ini dipertahankan, sehingga menjadi generasi emas 2045

Peduli sosial merupakan bagian dari karakter sesuai Perpres Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (Perpres PPK). Karakter peduli sosial bisa dikuatkan melalui praktik nyata untuk membekali mereka menjadi manusia Pancasialis, peduli sosial dan humanis. dengan dukungan pelibatan publik yang dilakukan melalui pendidikan jalur formal, nonformal, dan informal dengan memperhatikan keberagaman budaya Indonesia.

Reporter : A.Adhy

.