Olaborasi, TNI Bersama Puskesmas Padang Panyang Laksanakan Himbauan Cegah DBD

0
9

Nagan Raya – Komunikasi Sosial merupakan usaha Aparat Teritorial untuk menjalin hubungan dengan warga binaannya agar menjadi lebih dekat dan akrab dengan warga binaannya. Seperti halnya yang dilakukan Anggota Posramil Kuala Pesisir, Komsos dengan warga di Desa Kuala Trang, Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya untuk memberikan pesan agar menjaga kebersihan lingkungan menghadapi musim penghujan saat ini, Rabu ( 06/09/2023)

Dalam Komsos tersebut, Pelda Sutrisno mengimbau kepada warga warga sekitar agar lebih aktif menjaga kebersihan lingkungan, di musim penghujan seperti sekarang ini tentunya banyak genangan air yang dapat mengakibatkan berkembang biaknya nyamuk demam Berdarah (DBD).

Selain itu juga, lingkungan yang tidak bersih atau kumuh dapat menyebabkan banyaknya sarang penyakit bagi warga, untuk itu dengan menjaga kebersihan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dapat menciptakan kawasan yang sehat bagi masyarakat sekitar.

Petugas Puskesmas Padang Panyang Kecamatan Kuala Pesisir mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan terdapat satu warga dinyatakan positif DBD. Pasien tersebut masih anak-anak, ”Pasien tersebut sudah dirawat di RS Iskandar Muda, hasil pemeriksaan positif DBD” ujar Andrianingsih Skm.

Melihat hal tersebut, Posramil Kuala Pesisir dan Petugas Puskesmas segera membantu upaya penanganan kasus DBD di wilayahnya dengan berkolaborasi bersama Babinsa dan pihak Kesehatan. Bentuk upaya pencegahan dan menghindari lonjakan korban yang terjangkit virus Dengue yang dibawa oleh nyamuk.

“Sesuai himbauan Dinas Kesehatan, wajib kita lakukan baik di lingkungan kantor maupun masyarakat adalah langkah utama yang harus dilakukan dalam pemberantasan penyakit demam berdarah, dengan melakukan 3M (Menutup, Menguras, dan Menimbun),” jelasnya.
Dalam hal ini membantu untuk masyarakat guna tercipta situasi yang sehat dan nyaman sehingga terhindar adanya serangan nyamuk demam berdarah, apalagi sekarang musim hujan.

“Musim hujan tidak menutup kemungkinan menyebabkan rentannya penularan semakin cepat,” tambahnya.
“Dengan mendapat respon dan dukungan baik dari TNI maupun rekan – rekan petugas puskesmas diharapkan dapat mempercepat upaya pencegahan ini,” pungkas Ibu Andrianingsih Skm.