Babinsa Koramil 05 Batang Bersama Tim Satgas Terpadu PMK, Lakukan Pengawasan dan Pemeriksaan Hewan Ternak

0
1

JENEPONTO – Upaya penanganan dan pengendalian kasus PMK, Babinsa Koramil 05 Batang Kodim 1425/Jeneponto Sertu Yawing, bersama Tim Satgas Terpadu PMK Jeneponto, terus melakukan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan hewan ternak, di Pelabuhan Bungeng Kecamatan Batang Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Rabu, 06/09/2023.

Pengawasan dan pemeriksaan dilakukan terhadap Kapal muatan hewan ternak yang masuk melalui jalur laut laut pelabuhan Bungeng Kabupaten Jeneponto, yakni KLM Jabal Rahmat dengan muatan 90 ekor Kuda dari Pelabuhan Sapeh Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan diawali dengan pemeriksaan manifes/testing dan penyemprotan disinfektan terhadap ABK dan hewan ternak, sebagai upaya pengawasan dan penegakan Bio Security pada hewan ternak, dan mencegah penyebaran virus PMK.

Babinsa Sertu Yawing dalam keterangannya mengatakan kegiatan ini terus dilakukan setiap ada kapal yang masuk ke Pelabuhan Bungeng Kabupaten Jeneponto, guna mendukung program pemerintah pusat dan daerah, tentang mitigasi bencana hewan ternak potong yang rentan terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), ujar Babinsa.

Lebih lanjut ia sampaikan, dari hasil pemeriksaan fisik ternak, tidak ditemukan gejala klinis sebagai media pembawa Virus PMK, sehingga Tim Satgas PMK Jeneponto, akan melanjutkan tindakan Vaksinasi dikandang pemilik ternak, guna memutus rantai penyebaran Virus PMK, kewilayah Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan. Pungkasnya.

(Penerangan Kodim 1425/Jeneponto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here