Babinsa Kodim 1022/Tnb Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa dan Siswi Madrasah Tsanawiyah

0
14

Tanah Bumbu – Babinsa Koramil 1012-05/Karang Bintang melaksanakan Wawasan Kebangsaan bagi siswa/i di sekolah Madrasah Tsanawiyah Al Istiqomah di Desa Manunggal Kec.Karang Bintang Kab.Tanah Bumbu. Kamis (16/11/2023).

Tujuan nya, siswa-siswi yang masih dalam tahap pengembangan pendidikan seperti di sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang masih memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa.

Tingkat Tsayanawiyah seperti ini tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan kebangsaan yang memadai untuk mewarnai perjalanannya meraih cita-cita dimasa yang akan datang untuk Republik Indonesia.

Dandim 1022/ Tanah Bumbu Letkol Inf Aldin Hadi., S.H., M.Tr (Han) diwakilkan Danramil 1022-05/Karang Buntang Kapten Inf Yacob mengatakan, pemberian ilmu pembekalan wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi MTS Tsanawiyah yang berada di Desa Manunggal harus memperhatikan materinya yang sesuaikan dengan kemampuan daya pikir anak setingkat menengah pertama.

Pendekatan persuasif dengan pola mengajak kembali untuk mengingat nama-nama para pahlawan nasional serta perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Dekati Anak-anak usia tahap belajar, kita ajak mereka mengenali moral pancasila, dengan menyanyikan lagu-lagu nasional, penanaman nilai-nilai saling menghormati, kesetiakawanan dan sopan santun, kita ciptakan suasana nyaman dalam giat belajar sebagai bagian dari perjuangan adik-adik siswa-siswi,” Ucap Danramil .

Tambahnya, Cara penyampaian materi kebangsaan terhadap mereka mulai ditumbuhkan dari rasa bela negara, rasa cinta Tanah Air dan berwawasan kebangsaan, nantinya para siswa dapat menjadi generasi yang berkompeten dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Babinsa desa Manunggal Pelda Indro Turseno berpesan,“Saya minta kepada para siswa-siswi untuk mengurangi waktu bermain, selalu rajin belajar, berlaku sopan kepada orang tua, guru dan kepada siapapun juga, waktunya senggang diganti dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat seperti beribadah, belajar dan membantu orang tua”, pungkasnya. (Kodim 1022)