Dandim 1404/Pinrang tinjau pembibitan pohon Bakau/Mangrove

0
34

Dandim 1404/Pinrang Letkol Inf Aris Barunawan S.I.P., M.I.P., didampingi oleh Forkopimcam Suppa meninjau lokasi pembibitan pohon Bakau/Mangrove di Lingkungan Majenang Kelurahan watang Suppa dilanjutkan meninjau kesiapan lahan penanaman pohon Bakau/Mangrove di pesisir pantai Dusun Lero Desa Wiring Tasi Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang, Kamis (09/02/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Dandim Aris Barunawan menyampaikan bahwa kunjungan ke lokasi pembibitan dan lahan tempat menanam pohon Bakau/Mangrove di pesisir pantai Dusun Lero Desa Wiringtasi ini bertujuan untuk melihat secara langsung kondisi pembibitan sekaligus kesiapan lahan yang akan ditanami pohon Bakau/Mangrove.

Lebih lanjut Dandim Aris Barunawan menjelaskan bahwa tanaman Bakau atau biasa disebut Mangrove dipilih karena memiliki manfaat mencegah Erosi dan Abrasi Pantai, sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi satwa, yang mana sebagai penyaring alami serta pengurai bahan kimia yang mencemari laut, endapannya berperan dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir.

“Pohon Bakau/Mangrove adalah tumbuhan yang tumbuh di air payau dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Baik di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun disekitar muara sungai, yang mana air dapat melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu, sehingga sangat bagus untuk mencegah erosi maupun abrasi pantai”, Ujar Dandim. ***