Evaluasi dan Penguatan Reformasi Birokrasi Tahun 2023, Faisol Ali: Pelayanan Publik, Efektif dan Efisien!

0
12

Banjarmasin, Humas_Info – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan menggelar kegiatan Evaluasi dan Penguatan Reformasi Birokrasi Tahun 2023 yang diikuti oleh Pimti Pratama, Kepala UPT Se-Banjar Raya, Pejabat Administrator dan perwakilan pegawai dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi Se-Kalimantan Selatan.

Kegiatan yang digelar selama dua hari (19-20/9/23) bertempat di Hotel Aria Barito Banjarmasin ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan tugas dan fungsi unit kerja, memberikan pelayanan publik yang lebih baik, dan memastikan bahwa pemerintahan yang bersih, efektif, dan transparan dapat berproses secara signifikan dan optimal.

Diawali laporan oleh Ketua Panitia Pelaksana, Hendy Emil selaku Kepala Bagian Program dan Hubungan Masyarakat menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini untuk membagikan dan mempromosikan praktik terbaik dalam reformasi birokrasi, diantaranya adalah pemenuhan data dukung administratif.

Selanjutnya Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalsel, Faisol Ali secara resmi membuka kegiatan Evaluasi dan Penguatan Reformasi Birokrasi Tahun 2023.

Faisol menyampaikan bahwa menciptakan tata kelola pemerintahan yang lebih efektif juga menjadi fokus pada kegiatan ini, dengan peningkatan koordinasi dan kolaborasi antar unit kerja di Kantor Wilayah melalui evaluasi pemenuhan data dukung yang disusun oleh satuan kerja UPT.

“Dengan meningkatkan kualitas layanan publik melalui efisiensi dan efektifitas yang ditingkatkan dalam unit kerja pemerintah, diharapkan pelayanan kepada masyarakat juga akan meningkat dan semakin prima,” ucap Faisol.

Pada kesempatan ini Kakanwil juga memberikan apresiasi kepada para narasumber dari Biro Perencanaan Setjen dan juga Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI yang telah bersedia hadir dan berbagi pengalaman untuk berdiskusi bersama, sebagai langkah penting dalam perjalanan reformasi birokrasi, yang terus digalakkan demi mencapai pelayanan publik yang lebih baik, efisien, dan berkualitas.

“Pada kegiatan ini, kita akan mengevaluasi progres yang telah dicapai dan mengidentifikasi tantangan serta peluang di masa depan yang akan menjadi landasan bagi kita untuk mengukur sejauh mana kita telah berproses untuk mencapai tujuan reformasi birokrasi, khususnya pada Satuan Kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalsel,” pungkas Faisol dihadapan para peserta.

Faisol juga berharap agar arahan dan petunjuk dari narasumber dapat membantu bagi satuan kerja dalam pemenuhan data dukung sehingga penilaian oleh TPI untuk maju ke TPN hingga pada akhirnya Satuan Kerja memperoleh Predikat WBK atau WBBM.

Kakanwil juga memberikan apresiasi kepada UPT yang ditandai dengan pemberian penghargaan satuan kerja atas komitmennya dalam pemenuhan data dukung RKT-RB Tahun 2023. Lapas Kelas IIB Amuntai, Rutan Kelas IIB Pelaihari, Kanim Kelas I TPI Banjarmasin dan Kanim Kelas II TPI Batulicin menjadi UPT yang mendapatkan apresiasi langsung oleh Kakanwil.