Dinkes Nagan Raya dan Satgas TMMD Reg ke 120 laksanakan penyuluhan Posyandu, Posbindu PTM dan Stunting

0
12

Nagan Raya, Target penurunan prevalensi stunting, di Kabupaten Nagan Raya Satuan Tugas (Satgas) Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-120 Kodim 0116/Nagan Raya dan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XL Dim 0116/Nara bekerjasama sama dengan Dinas Kesehatan melakukan penyuluhan stunting, Posyandu, Posbindu BTM, Stunting di Kantor Keuchik Desa Kota Baro Blang Muling, Kamis (16/05/24).

Dengan kegiatan sosialisasi penyuluhan penanganan serta pencegahan Posyandu, Posbindu PTM,stunting yang digelar ini diharapkan dapat membantu upaya dari pemerintah dalam mencegah terjadinya kasus stunting khususnya di Kabupaten Nagan Raya

Dandim 0116/Nagan Raya Letkol Inf Fairuzzabadi, S.H. dari tempat terpisah mengungkapkan dalam TMMD Reg ke-120 ini selain kegiatan pembangunan fisik yaitu membangun jalan fisik 3000 M, Parit Kanan Kiri Jalan 3000 M, Rabat Beton 350 M, Jembatan 1 Unit dan Box Culver 2 Unit, Sasaran Non Pisik meliputi Penyuluhan Wasbang, Penyuluhan Narkoba, Penyuluhan Kesehatan Stunting, Penyuluhan Posyandu, Posbindu, Penyuluhan Pertanian dan Pengobatan Masal dan sasaran Tambahan Manunggal Air 3 Titik, Ketahanan Pangan, Bersatu dengan Alam, Pembersihan Lingkungan, Rehab RTLH/MCK..

Dan SSK juga mengungkapkan bahwa TMMD Reg ke-120 pekerjaan fisik jalan dan parit 3000 meter,

Kegiatan penyuluhan dan sosialisasi yang dilakukan ini mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat dari 6 Desa yaitu Desa kota Baro Blang Muling, Desa Alue Gajah, Desa Lhok Beutong, Desa Meureboh Desa Gampong Tengoh hal tersebut terbukti dengan antusiasnya masyarakat yang hadir untuk mengikuti sosialisasi yang kita lakukan.

Ia juga berharap masyarakat Desa kota Baro Blang Muling, Desa Alue Gajah, Desa Lhok Beutong, Desa Meureboh Desa Gampong Tengoh mengerti apa itu Posyandu, Posbindu PTM maupun stunting, serta materi terkait sarana air bersih yang diberikan oleh Dinas Kesehatan.

Sementara itu Kepala Puskesmas Suka Makmue Nurzaini, S.TR. Keb mengatakan TMMD Reg ke-120 Kodim 120 bekerjasama dengan Dinas Kesehatan yaitu dengan melakukan penyuluhan tentang Posyandu, Posbindu PTM dan stunting.

Dalam penanganan stunting, Dinas Kesehatan telah melakukan penanganan di seluruh Desa di Kabupaten Nagan Raya dengan memberikan asupan gizi sesuai dengan indikasi-indikasi yang ada dan untuk target penurunan stunting secara nasional yaitu 14%.

Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Nagan Raya agar melakukan Posyandu, Posbindu PTM pencegahan stunting dengan tiga cara yaitu dengan pola makan yang baik,pola asuh dan lingkungan yaitu sumber air bersih.

Dalam melakukan penyuluhan terkait stunting,Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya melakukan penyuluhan kesehatan lingkungan yaitu penggunaan jamban dan air bersih