Bapas Kelas II Palu Gelar Kegiatan Sosialisasi “TUSI” Pembantu Pembimbing Kemasyarakatan (PPK) pada Wilayah Kerja Bapas Kelas II Palu

0
19

Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Palu menyelenggarakan kegiatan sosialisasi tugas dan fungsi Pembantu Pembimbing Kemasyarakatan (PK) di wilayah kerja Bapas Kelas II Palu. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 22 Mei 2024, bertempat di Aula Bapas Kelas II Palu dan diikuti oleh para pegawai Bapas Kelas II Palu, serta Pembantu Pembimbing Kemasyarakatan (PPK) yang bertugas di Lapas, Rutan, LPKA dan LPP dalam wilayah kerja Bapas Palu.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada PPK tentang tugas dan fungsi PPK, serta peran penting PPK dalam membantu proses percepatan Penelitian Kemasyarakatan dalam pemenuhan Asimilasi dan Integrasi.

Kepala Bapas Kelas II Palu, Muhammad Syahrir Azis sangat mendukung pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Tugas dan Fungsi Pembantu Pembimbing Kemasyarakatan (PPK). diharapkan seluruh PPK yang ada pada Wilayah Kerja Bapas Kelas II Palu bisa memahami Tusi dalam membantu pelaksanaan Tugas Pembimbing kemasyarakatan (PK).

Kegiatan ini merupakan Tindak lanjut Kunjungan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi tengah, Ricky Dwi Biantoro ke Bapas Kelas II Palu pada Jumat, 17 Mei 2024. Beliau Mengharapkan agar Bapas Kelas II palu lebih memaksimalkan Peran Pembantu Pembimbing Kemasyarakatan (PPK) dalam pelaksanaan Tugas Pembimbing kemasyarakatan (PK).

Kepala Kantor Wilayah Sulawesi Tengah, Bapak Hermansyah Siregar, sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi ini. Beliau mengatakan bahwa PK dan PPK memiliki peran penting dalam membantu proses pembinaan dan pembimbingan klien pemasyarakatan, sehingga mereka dapat kembali ke masyarakat dan menjadi warga negara yang taat hukum dan produktif.

“PK dan PPK merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan pemasyarakatan,” ujar Bapak Hermansyah Siregar. “PK dan PPK harus bekerja secara profesional dan berintegritas dalam menjalankan tugasnya, sehingga dapat membantu klien pemasyarakatan untuk kembali ke masyarakat dan menjadi warga negara yang taat hukum dan produktif.”

Kegiatan sosialisasi ini diisi dengan penyampaian materi tentang tugas dan fungsi PPK, serta peran PPK dalam membantu proses percepatan Litmas dalam pemenuhan Asimilasi dan Integrasi. Materi disampaikan oleh Ibu Ni Luh Indah Pratiwi (Pembimbing Kemasyarakatan Pertama) pada Bapas Kelas II Palu. Para peserta sosialisasi tampak antusias mengikuti kegiatan ini dan banyak mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Hal ini menunjukkan bahwa mereka sangat ingin memahami tugas dan fungsi PPK, serta peran PPK.