Antisipasi datangnya musim hujan, Kodim 1404/Pinrang, Pemda dan Polres Pinrang Serta Masyarakat Bersatu Bersihkan Lingkungan

0
14

Dalam rangka menghadapi potensi dampak banjir yang disebabkan oleh tingginya curah hujan di beberapa wilayah Kabupaten Pinrang, Kodim 1404/Pinrang bekerja sama dengan Pemkab Pinrang dan Polres Pinrang serta masyarakat setempat melakukan upaya pembersihan dan pengerukan saluran irigas dan selokan di Lingkungan Jaya Timur Kelurahan Jaya Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (04/12/.2023).

Dandim 1404/Pinrang Letkol Inf Aris Barunawan S.I.P., M.I.P., menyampaikan dengan cuaca yang tidak dapat diprediksi dan intensitas hujan yang tinggi, rerumputan tumbuh subur dan sampah-sampah berserakan menutupi saluran air.

“Dengan melihat kondisi tersebut, timbul inisiatif kami untuk melakukan kerja bakti bersama membersihkan sektor umum, seperti selokan, pengerukan saluran irigasi dan gorong-gorong, agar air tidak tersumbat. Hal ini kami lakukan sebagai upaya pencegahan terhadap banjir karena saat ini Kabupaten Pinrang sudah memasuki musim hujan”, jelas Dandim.

Letkol Aris Barunawan menambahkan bahwa aksi ini bukan hanya sebagai bentuk kepedulian TNI, khususnya Kodim 1404/Pinrang terhadap lingkungan, tetapi juga sebagai contoh bagi masyarakat untuk ikut serta membersihkan Lingkungannya.

“Lebih dari itu, aksi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah ke saluran air sehingga dapat mengintensifkan upaya pencegahan banjir dan Lingkungan yang bersih akan mencegah berkembangnya nyamuk Aedes aegypti yang membawah penyakit deman berdarah”, tutup Dandim.