Kodim 1206/Psb adakan Saprahan dalam penyambutan pergantian tahun baru 2023

0
27

Putussibau, – Komandan Kodim (Dandim) 1206/Psb Letkol Inf Sri Widodo mengadakan tradisi Saprahan dalam menyambut pergantian tahun baru Masehi 2023 yang dilaksanakan di aula Alambhana Kodim 1206/Psb pada Sabtu malam, 31/12/2022.

Dalam kehidupan masyarakat Melayu di Kalbar tidak asing lagi acara Saprahan. Saprahan merupakan adat tradisi kebiasaan turun temurun dalam menghidangkan makanan yang dilakukan sehari-hari dirumah tangga terutama di desa-desa. Dalam kegiatan yang mengundang tamu seperti pada acara perayaan pesta perkawinan, hataman, syukuran dan lain-lain diberikan hidangan dengan Saprahan.

Saprahan merupakan acara makan bersama dengan duduk bersila, sajian disantap langsung disuap dengan tangan sedangkan untuk mengambil lauk pauk digunakan sendok.

Makna dari Saprahan ini melambangkan rasa kebersamaan dan rasa kegotong royongan dengan falsafat berat sama dipikul, ringan sama dijinjing, berdiri sama tinggi duduk sama rendah. Dan juga identik dengan agama Islam sejak zaman dahulu hingga sekarang tetap dilestarikan dan terpelihara yang berpedoman pada enam rukun Iman, dan lima rukun Islam.

Menurut Dandim 1206/Psb Letkol Inf Sri Widodo mengatakan bahwa kegiatan Saprahan ini diadakan untuk kebersamaan dalam menyambut pergantian tahun baru Masehi 2023″ Saya buat acara ini untuk menumbuhkan semangat kebersamaan, kita tidak mengenal pangkat dan jabatan semua sama, dengan ditandai makan bersama sama dengan Saprahan,” tuturnya

Lebih lanjut katanya,dalam rangka menyongsong Tahun baru 2023 disamping kita menjaga keamanan, semua kita kumpul bareng di Makodim 1206/Psb, tidak hanya anggota Kodim 1206/Psb saja, tetapi ibu Persit, keluarga juga hadir dan mengundang warga dari kelurahan Hilir Kantor yang dekat dengan Kodim,”

Saprahan ini juga untuk melestarikan adat istiadat budaya Melayu yang ada di Kalbar, tradisi Saprahan sungguh luar biasa makna yang terkandung didalamnya,” jelas Letkol Inf Sri Widodo.

Acara dimulai dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan Saprahan, selesai Saprahan sambil menunggu waktu pergantian tahun di laksanakan hiburan malam dan bermain kartu BOK.

#pendim1206/psb#