Terima Kunjungan Tim Ditjen HAM, Rutan Palu Siap Wujudkan Pelayanan Publik Berbasis HAM

0
15

Palu,INFO_PAS – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu terima kunjungan kerja Tim Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia (Ditjen HAM), Sabtu (22/6). Kunjungan ini dalam rangka pemantauan dan monitoring terkait kesiapan Rutan Palu dalam menyelenggarakan Pelayanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia (P2HAM).

Pada kesempatan ini, Tim Ditjen HAM yang dipimpin Analisis Kebijakan Ahli Madya, Bowo Junianto, didampingi oleh Kepala Subbidang Pemajuan HAM Kanwil Kemenkumham Sulteng, Suzana Eva Silo, Pejabat Strukrtual Rutan Palu dan Operator P2HAM Rutan Palu melihat secara langsung kondisi sarana dan prasarana pelayanan publik serta warga binaan yang ada.

“P2HAM merupakan komitmen Kementerian Hukum dan HAM melalui unit kerja dalam menyelenggarakan pelayanan yang berorientasi pada kebutuhan, kepastian, dan kepuasan penerima layanan publik,” ujar Nur fitriani Tim Ditjen HAM.

“Selain berorientasi pada kebutuhan dan kepuasan penerima layanan, juga harus berpedoman pada prinsip-prinsip HAM dan Pelayanan publik di Kemenkumham diharapkan mampu meningkatkan layanan dengan adil dan sesuai kebutuhan masyarakat termasuk kelompok rentan,” tambahnya.

Pada kesempatan ini, Plh. Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan, Muhammad Rias, mengungkapkan bahwa pihaknya akan melengkapi sarana dan prasarana yang berkaitan dengan data dukung dalam mengoptimalkan penyelenggaraan P2HAM di Rutan Palu.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah, Hermansyah Siregar menegaskan kepasa seluruh jajaran se-Sulawesi Tengah tentang pentingnya mengutamakan prinsip-prinsip Pelayanan Publik yang berbasis pada Hak Asasi Manusia.

“Sebagai pemberi layanan publik, kami siap memberikan pelayanan optimal yang pasti berdampak dan selalu berorientasi pada kebutuhan serta kepuasan dari pengguna layanan dengan berlandasakan Hak Asasi Manusia,” pungkas Hermansyah. (Ra)