Siapkan Lahan Tanam Padi, Babinsa Bontocani Dampingi Petani Bajak Sawah

0
9

BONE – Babinsa Koramil 1407-20/Bontocani Serda Baharuddin mendampingi petani membantu melaksanakan pengolahan lahan sawah di Dusun Lamoncong, Desa Lamoncong, Kec. Bontocani, Kab. Bone. Kamis (16/05/24).

Membantu membajak lahan sawah, merupakan wujud pelaksanaan Babinsa dalam melakukan pendampingan kepada petani di wilayah binaan untuk mempercepat proses pengolahan dan tanam padi dan peningkatkan hasil produktivitas tanaman padi.

Menurut Serda Baharuddin, pendampingan yang dilakukannya saat ini tidak sebatas hanya pada pengolahan penyiapan lahan semata, namun akan tetap terus berkelanjutan pada saat proses penanaman, pemupukan hingga tiba masa panen.

“Kali ini penyiapan lahan, dengan menggunakan mesin traktor, di lakukan agar pekerjaan menjadi lebih mudah dan efisien. Tentunya pula akan mendapatkan hasil olahan tanah yang ideal untuk pertanian padi,” kata Babinsa.

Lanjut Babinsa, adapun berbagai manfaat dari penggunaan mesin traktor diantaranya, dapat membersihkan gulma, menggemburkan lahan sawah, menambah unsur organik di lahan sawah, dan menghambat pertumbuhan hama dan penyakit yang dapat menyerang tanaman padi.

“Saya berharap pada musim kali ini petani bisa mendulang hasil panen yang maksimal, dengan demikian kesejahteraan petani bisa meningkat dan ketahanan pangan wilayah juga meningkat,” tandasnya. (Pendim 1407/Bone)