Satgas TMMD ke-120 Bangun Sarana Air Bersih untuk Cegah Stunting di Kampung Yabore

0
13

Selain malnutrisi, kurangnya akses air bersih dan sanitasi yang buruk ternyata juga menjadi salah satu faktor penyebab stunting. Oleh karenanya, Dansatgas TMMD ke-120 di wilayah Teluk Wondama, Letkol Inf Budi Setiadi, S.I.P bersama anggotanya berupaya keras untuk membangun sarana air bersih yang mudah diakses oleh masyarakat Kampung Yabore, Distrik Naikere.

Selama ini, warga kampung yang terdiri dari 25 KK tersebut memanfaatkan air sungai dan hujan untuk memasak, mencuci dan mandi karena belum mampu membuat sumur sendiri. Kondisi tersebut dirasakan juga oleh ibu hamil dan anak-anak balita yang tinggal di Yabore. Terkadang mereka harus berjalan di atas tanah yang licin menuju sungai hanya untuk mendapatkan air, atau menampung air hujan dengan wadah yang seadanya.

“Tersedianya 4 sumur bor ini diharapkan bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan air bersih setiap saat, meskipun di kampung ini belum ada listrik. Kemudahan akses air bersih ini bisa mengurangi resiko terkena penyakit, seperti diare dan cacingan yang bisa menghambat pertumbuhan bayi dan anak-anak,” ujar Letkol Inf Budi Setiadi, S.I.P., saat ditemui di Posko Satgas TMMD ke-120 pada hari Rabu (22/05/2024).

Empat sumur yang dibangun melalui Program TMMD tersebut terletak di perumahan, sekolah dan gereja. Keempatnya tidak hanya mengandalkan pompa listrik untuk mengalirkan air, melainkan menggunakan juga pompa tangan manual yang sederhana dan mudah pemeliharaannya. Dimana air bersih yang menggunakan pompa air manual, merupakan perdana di Kabupaten Teluk Wondama.