Sambangi Lahan Pertanian Masyarakat, Babinsa Koramil Batang Lakukan Ini

0
10

JENEPONTO – Babinsa Koramil 05 Batang, Kodim 1425 Jeneponto Sertu Suardi. S, membantu petani binaan menyiapkan bibit dan mengolah lahan pertanian untuk tanaman Padi menggunakan traktor pada luas lahan kurang lebih 0.3 Hektare, di lahan Bapak Kaharuddin (55) Tahun, bertempat di Dusun Sarroanging Desa Bontorappo Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto, Selasa, 21/05/2024.

Sertu Suardi memaparkan, pengolahan lahan pertanian menggunakan traktor adalah cara yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami karena dengan sistem traktor ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan melumpur.

“Dengan pengolahan lahan menggunakan Traktor ini diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik, sehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan dengan meningkatnya hasil panen akan mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan nasional,” terang Babinsa.

Ditambahkannya, , yang bekerjasama dengan Dinas Pertanian dalam rangka memberikan pelopor swasembada pangan, ini dilakukan sejalan dengan telah diterimanya pelatihan dan pembekalan Babinsa tentang pertanian.

Terpisah Danramil 05 Batang Lettu Inf Marzuki mengatakan, kebersamaan petani dan Babinsa merupakan bentuk kemanunggalan TNI. Babinsa memiliki tugas khusus menggerakan dan memotivasi petani untuk melaksanakan tanam padi dalam rangka mendukung program pemerintah sukseskan Swasembada pangan.

“Saya berharap para kelompok tani dan masyarakat tani lebih memahami tentang tugas tersebut sehingga akan terjalin komunikasi yang kuat didalam mengupayakan secara khusus peningkatan dan mutu produksi hasil panen, oleh karenanya saya yakin langkah upaya ini akan membuahkan hasil yang luar biasa.” Harap Danramil.

Sementara itu, Bapak Kaharuddin sebagai pemilik lahan mengaku sangat senang dengan adanya kepedulian dari Babinsa untuk membantu dalam pengelolaan lahan pertanian miliknya.

“Kami sangat terbantu dengan adanya Pak Babinsa yang selalu ikut secara langsung terjun ke lahan pertanian dalam membantu percepatan dan pengolahan lahan pertanian untuk tanaman Padi.”Ungkapnya.

(Pendim 1425/Jeneponto).