Razia kamar hunian, Kalapas : “Langkah Progresif dan Upaya Deteksi Dini Gangguan Kamtib”

0
10

Dalam rangka upaya deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Garut melaksanakan penggeledahan kamar hunian warga binaan. Senin, (27/05).

Penggeledahan dihadiri oleh Tim Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jawa Barat yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Keamanan, Sumarwoto Hendra Budiman.

Kalapas, Rusdedy menegaskan, bahwa pihaknya akan terus berkomitmen dalam hal Kegiatan sidak atau razia kamar hunian warga binaan, demi terwujudnya Lapas Garut Zero Halinar (HP, Pungli dan Narkoba).

“Salah satu tujuan kegiatan ini untuk mewujudkan Lapas Garut Zero Halinar, juga sebagai wujud integritas Petugas agar tercipta kondisi Lapas yang aman dan tertib”, pungkasnya.

Seluruh Blok Hunian dan fasilitas umum tidak luput dari penggeledahan. Alhasil, Petugas menemukan Handphone, benda tumpul dan barang terlarang lainnya.

Petugas langsung melakukan inventarisir dan pendataan terhadap barang terlarang, untuk selanjutnya dilakukan pemusnahan.

Selain razia kamar hunian, juga dilaksanakan tes urin terhadap warga binan, dengan hasil negatif.