Peringati Hari Raya Idul Adha 1445H, Laksanakan Sholat Ied dan Penyembelihan Hewan Kurban

0
15

Palu (17/06), Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Palu Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah laksanakan Sholat Ied 1445 H pada Senin, 17 Juni 2024

Shalat Ied yang digelar secara berjamaah itu diikuti oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Palu,Pegawai dan ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Palu yang beragama Islam bertempat di Lapangan Blok Hunian Lapas Palu dimulai pada Pukul 07.00 Wib sampai dengan selesai. Kegiatan Sholat Ied dimulai dengan melantunkan Gema Takbir, dilanjutkan dengan Shalat Ied serta Khutbah yang dibawakan oleh Ustad Irfandi S.Pdi.,M.Pdi.
Memimpin Sholat secara khuyusuk dalam khutbahnya Ustad Irfandi menekankan pentingnya pengorbanan,kesabaran dan keikhlasan dalam menghadapi ujian hidup.”idul Adha mengajarkan kita tentang makna pengorbanan yang sebenarnya.Seperti Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan putranya,kita pun siap berkorban demi kebaikan dan ketakwaan kepada Allah SWT”ujar Ustad Irfandi.
Dalam sambutannya Kalapas Palu, Gunawan mengungkapkan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan shalat Idul Adha secara berjamaah di dalam Lapas Palu. Ia menuturkan kepada seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Palu khususnya yang beragama Islam untuk tidak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktu. “Kami berharap perayaan Idul Adha ini bisa menjadi momentum untuk terus bersyukur dan meningkatkan kualitas keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa”, tutur Kalapas
Kegiatan rangkaian Idul Adha dilanjutkan dengan melakukan penyembelihan hewan kurban yang dipimpin langsung oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Palu. Gunawan menyampaikan bahwa Idul Adha tahun ini, Lapas Palu memotong 10 ekor Sapi dan 3 Ekor Kambing sebagai hewan Kurban. Hewan Kurban tersebut merupakan Partisipasi Oleh Stakeholder dari Pemda Sulawesi Tengah dan Swadaya dari Warga Binaan Lapas Palu. Rencananya kegiatan pemotongan hewan tersebut akan dilaksanakan secara bertahap selama 3 hari. Pembagian daging Kurban tersebut akan diprioritaskan untuk dibagikan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Palu yang telah diberikan kupon Kurban sebelumnya.Kegiatan penyembelihan juga diawasi langsung oleh Pengawas Hewan Kurban Ibu Fatmasari dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Sulawesi Tengah.
Pelaksanaan shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban di Lapas Palu berjalan khidmat,tertib dan lancar.