Penuhi Kebutuhan Air petani, Koramil-07/Lembang Kodim 1404/Pinrang Bersihkan Saluran irigasi Bersama Warga

0
6

Pinrang_ Demi membantu kelancaran dalam pengolahan lahan pertanian serta mendukung kebutuhan air bagi para petani, Babinsa jajaran Koramil-07/Lembang Kodim 1404/Pinrang bersama Pemerintah setempat, warga dan Siswa SMAN 8 Lembang melaksanakan kerja bakti pembersihan saluran irigasi induk Kalosi di Kelurahan Tadokkong Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (21/12/2023).

Danramil-07/Lembang Peltu Anwar dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa saat ini sudah memasuki tahap pengolahan sawah di Kecamatan Lembang periode Oktober 2023 dan Maret 2024. Untuk itu segala kendala yang menghambat para petani dalam pekerjaan bersawah harus diantisipasi dengan baik salah satunya membersihkan saluran irigasi.

“Dalam bersawah kebutuhan yang paling utama adalah air, karena para petani tidak bisa mengolah lahannya apabila tidak ada air. Untuk itu hari ini kami Koramil-07/Lembang bersama Pemerintah Setempat, warga dan anak sekolah melaksanakajn kerja bakti membersihkan saluran irigasi induk Kalosi karena kondisinya sudah dipenuhi rumput-rumput liar sehingga air tidak lancar mengalir”, ujar Peltu Anwar.

Lebih lanjut Peltu Anwar menambahkan bahwa kegiatan kerja bakti ini merupakan salah satu upaya untuk menyukseskan pertanian dan mengoptimalkan sistem irigasi secara lancar, karena untuk meningkatkan kesejahteraan para petani, saluran irigasi yang merupakan penyedia bahan baku air harus dijaga bersama-sama. Apabila saluran irigasi lancar mengairi persawahan petani, maka hasil panen akan lebih maksimal, dengan demikian ketahanan pangan khusunya di wilayah Kecamatan Lembang dapat terwujud.

Sementara itu, Lurah Tadokkong Kadang S.Ip., mengucapkan terima kasih atas upaya yang dilakukan Koramil yang telah memotivasi warga dan anak sekolah untuk melaksanakan kerja bakti pembersihan saluran irigasi. Kedepannya Lurah berharap warga selalu peduli terhadap sarana irigari, karena apabila air lancar mengairi persawahan warga, maka hasil pertanian akan meningkat dan tentunya petani juga akan lebih sejahtera.