Pembimbing Kemasyarakatan Palu Lakukan Pembimbingan Litmas ke Lapas Parigi via Zoom

0
8

Palu, 29 Mei 2024 – Dalam rangka meningkatkan kualitas dan efektivitas pelaksanaan Penelitian Kemasyarakatan (Litmas), Balai Pemasyarakatan Kelas II Palu melalui Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) Pembimbing Kemasyarakatan (PK) melaksanakan kegiatan pembimbingan penyusunan Litmas kepada Pembantu Pembimbing Kemasyarakatan (PPK) Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Parigi via Zoom.

Kegiatan pembimbingan ini diikuti oleh seluruh PPK Lapas Parigi dan bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pendampingan dalam penyusunan Litmas yang sesuai dengan standar dan ketentuan yang berlaku.

3 (tiga) JFT PK Bapas Palu, Irfan, Indah, dan Dewa Ayu, bertindak sebagai narasumber dan memberikan materi serta pendampingan langsung kepada PPK Lapas Parigi secara daring.

Kepala Bapas Kelas II Palu, Muhammad Syahrir Azis, menyampaikan bahwa pemanfaatan platform Zoom menjadi solusi terbaik untuk memaksimalkan waktu dan tempat dalam pelaksanaan pembimbingan dan pendampingan terhadap PPK yang berada di Lapas Kelas III Parigi.

“Mengingat akses jalan Palu-Parigi yang seringkali mengalami buka tutup akibat perbaikan jalan, pemanfaatan Zoom menjadi solusi yang tepat untuk menghemat waktu dan tenaga,” ujar Azis.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah, Hermansah Siregar. Ia mengatakan bahwa pelaksanaan pembimbingan dan pendampingan JFT PK Bapas Kelas II Palu terhadap PPK via Zoom di Lapas Parigi menunjukkan keseriusan Bapas Palu dalam melaksanakan tugas pendampingan terhadap PPK.

“Pembimbingan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan efektivitas pelaksanaan Litmas di Lapas Parigi, sehingga dapat memberikan manfaat bagi proses pembinaan dan pembimbingan terhadap warga binaan pemasyarakatan,” ujar Siregar.

Kegiatan pembimbingan ini mendapat apresiasi dari PPK Lapas Parigi. Salah satu PPK, yang enggan disebutkan namanya, mengaku bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka.

“Kegiatan ini sangat membantu kami dalam memahami dan melaksanakan Litmas dengan lebih baik,” ujarnya. “Pendampingan langsung dari JFT PK Bapas Palu sangat membantu kami dalam menyelesaikan permasalahan yang kami hadapi di lapangan.”

Pemanfaatan platform Zoom dalam kegiatan pembimbingan ini dinilai efektif oleh JFT PK Bapas Palu dan PPK Lapas Parigi.

“Zoom terbukti menjadi platform yang efektif untuk pelaksanaan pembimbingan dan pendampingan jarak jauh,” ujar Irfan, salah satu JFT PK Bapas Palu. “Melalui Zoom, kami dapat berinteraksi dengan PPK Lapas Parigi secara langsung dan memberikan pendampingan secara real-time.”

Kegiatan pembimbingan Litmas via Zoom ini diharapkan dapat menjadi model pembinaan dan pendampingan yang efektif dan efisien bagi JFT PK Bapas Palu dalam melaksanakan tugasnya.

Dengan pemanfaatan teknologi yang tepat, diharapkan kualitas dan efektivitas pelaksanaan Litmas di Lapas Kelas III Parigi dapat ditingkatkan, sehingga dapat memberikan manfaat bagi proses pembinaan dan pembimbingan terhadap warga binaan pemasyarakatan.