Pembimbing Kemasyarakatan Palu Gelar Kegiatan Pembinaan Rohani di Lapas Tolitoli

0
12

Tolitoli, 28 Mei 2024 – Dalam rangka pembinaan kerohanian bagi warga binaan pemasyarakatan (Warbinpas), Balai Pemasyarakatan Kelas II Palu melalui Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) Pembimbing Kemasyarakatan (PK) yang bertugas di Pos Bapas Kelas II Palu Kabupaten Tolitoli, Alfred, melaksanakan kegiatan pembinaan di Lapas Kelas IIB Tolitoli. Kegiatan yang berlangsung di Gereja Lapas Tolitoli ini diikuti oleh 19 Warbinpas beragama Kristen.

Kegiatan ini merupakan wujud komitmen Bapas Kelas II Palu dalam melaksanakan tugas pembimbingan terhadap Warbinpas. Hal ini sejalan dengan arahan Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas II Palu, Muhammad Syahrir Azis, yang menekankan pentingnya pembinaan kerohanian bagi Warbinpas untuk membantu mereka dalam proses pembinaan dan pembimbingan.

“Saya bangga melihat antusiasme Warbinpas Lapas Tolitoli dalam mengikuti kegiatan pembinaan kerohanian ini,” ujar Azis. “Kegiatan ini diharapkan dapat membantu Warbinpas dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan mereka, sehingga mereka dapat menjalani masa pidana dengan lebih tenang dan terarah.”

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah, Hermansah Siregar, menghimbau kepada seluruh JFT PK agar dalam melaksanakan tugas di lapangan, selain melaksanakan Penelitian Kemasyarakatan (Litmas), juga melakukan pembimbingan kepada klien dan Warbinpas.

“Pembimbingan ini sangat penting untuk membantu Warbinpas agar dapat kembali ke masyarakat dan menjadi warga negara yang taat hukum dan produktif,” ujar Siregar.

Kegiatan pembinaan kerohanian ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi Warbinpas dalam menjalani kehidupan setelah bebas dari masa hukuman. Dengan bekal iman dan ketaqwaan yang kuat, diharapkan mereka dapat terhindar dari perbuatan kriminal dan menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat.

Kegiatan pembinaan kerohanian ini mendapat apresiasi dari para Warbinpas. Salah satu Warbinpas, yang enggan disebutkan namanya, mengaku bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat baginya.

“Saya sangat senang dengan kegiatan ini,” ujarnya. “Kegiatan ini membantu saya untuk semakin dekat dengan Tuhan dan meningkatkan iman saya. Saya berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan secara rutin.”

JFT PK memiliki peran penting dalam membantu proses pembinaan dan pembimbingan Warbinpas. Mereka tidak hanya melaksanakan Litmas, tetapi juga memberikan pembimbingan kerohanian, moral, dan sosial kepada Warbinpas.

Kegiatan pembinaan kerohanian ini merupakan salah satu contoh kontribusi JFT PK dalam membantu Warbinpas. Dengan dedikasi dan profesionalisme mereka, diharapkan Warbinpas dapat menjalani masa pidana dengan lebih baik dan kembali ke masyarakat sebagai warga negara yang taat hukum dan produktif.