Letkol Inf Bayu Kriswandito Pimpin Upacara Bendera Mingguan

0
15

Komandan Kodim 1707/Merauke Letkol Inf Bayu Kriswandito, S.Hub., Int. secara langsung memimpin upacara bendera Mingguan kepada personel TNI dan PNS Kodim 1707/Merauke bertempat di Lapangan Upacara Makodim 1707/Merauke Jln. Raya Mandala Distrik Merauke Kabupaten Merauke Provinsi Papua Selatan. Senin (20/3/2023).

Bertindak sebagai Komandan Upacara Danramil 1707-10/Pari Lettu Inf Cendra Wahyudi dan Perwira Upacara Perwira Seksi Personel Kodim 1707/Merauke Kapten Inf Herman Purba dan upacara tersebut turut diikuti oleh personel dari Denpom XVII/3 Merauke.

Secara rutin pada hari Senin setiap Minggunya upacara bendera terus dilaksanakan di Makodim 1707/Merauke kecuali dalam minggu tersebut terdapat hari besar maupun tanggal tujuh belas karena disetiap tanggal tujuh belas dilaksanakan upacara bendera gabungan secara terpusat bertempat di Makorem 174/ATW.

Upacara bendera Mingguan ini tidak hanya dijadikan sekedar rutinitas saja, tetapi dimaknai sebagai sebuah implementasi jiwa nasionalisme bagi Prajurit TNI dan PNS Kodim 1707/Merauke melalui penghormatan terhadap simbol negara yang diperjuangkan dengan pengorbanan jiwa dan harta benda oleh para Pahlawan.

Dalam pelaksanaannya upacara pengibaran bendera Merah Putih yang dilakukan secara rutin setiap Minggunya juga bertujuan untuk memupuk jiwa kejuangan patriotisme, nasionalisme dan solidaritas prajurit serta mengenang jasa para Pahlawan yang telah berjuang untuk Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain itu, upacara bendera seperti ini juga memiliki makna penting yaitu sebagai sarana komunikasi antara pimpinan dengan para anggota agar setiap kebijakan, intruksi dan informasi dari Komando Atas dapat mengalir dan dipahami secara bersama-sama dalam rangka mendukung kelancaran disetiap pelaksanaan tugas.