Lapas Luwuk Jadi Tuan Rumah Safari dan Jum’at Berkah Kakanwil Kemenkumham Sulteng

0
15

Luwuk – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Luwuk menjadi tuan rumah Safari dan Jum’at Berkah yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng). Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 21 Juni 2024, di Masjid At-Taubah Lapas Luwuk.

Safari dan Jum’at Berkah merupakan program rutin Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng Hermansyah Siregar yang bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta menjadi upaya untuk menjalin silaturahmi dengan seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

“Ini sudah menjadi edisi kesekian kalinya, safari dan jum’at berkah ini kita khususkan agar silaturahmi kita terus terjalin baik,” kata Hermansyah Siregar.

Kegiatan itupun diawali dengan sholat Jum’at berjamaah yang dipimpin oleh Ustaz Effendi yang merupakan penyuluh agama dari Kementerian Agama Kab. Banggai.

Dalam ceramahnya, ia menyampaikan tentang pentingnya ber-Tauhid kepada Allah SWT, yang merupakan salah satu jalan turunnya pengampunan, yang ia sadur dalam surah An-Nisa ayat 48, yang mengarahkan agar setiap manusia menjauhi perbuatan syirik.

Usai sholat Jum’at, Kakanwil Hermansyah bersama Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan, Ricky Dwi Biantoro, Kadiv Keimigrasian, Arief Hazairin Satoto serta Kepala Lapas Luwuk, Efendi Wahyudi turut memberikan bantuan paket ibadah baik berupa bahan bacaan maupun peralatan shalat.

Dalam momen penuh hangat tersebut, Hermansyah Siregar mengajak kepada seluruh jajaran maupun WBP Lapas Luwuk untuk senantiasa meningkatkan ibadah kepada Allah SWT.

Bukan itu saja, ia juga mengajak seluruh jamaah Masjid At-Taubah bersalawat kepada baginda Nabi Muhammad SAW.

“Lapas ini adalah madrasah bagi saudara sekalian, kalian adalah santri. Tempat ini merupakan tempat kita memperbaiki atau bermuhasabah kepada-Nya, jangan ada yang merasa terkucilkan, karena kemuliaan disisi-Nya ialah orang yang bertakwa, bukan yang memiliki jabatan atau status sosial yang tinggi, kita harus terus bertaubat,” pesan Hermansyah Siregar.

Ia juga mengajak kepada seluruh WBP yang ia sebut santri untuk senantiasa serius mengikuti seluruh program pembinaan. Ia berharap agar dari Lapas Luwuk akan hadir calon pemimpin bangsa yang baik dimasa depan.

“Kami hadir disini bersama bapak Kadivpas dan Kadivim memastikan penyelenggaraan layanan pemasyarakatan berjalan baik dan optimal, tentunya kita berharap agar saudara sekalian mengikuti program pembinaan dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Luwuk, Efendi Wahyudi, pun menyampaikan terima kasih kepada Kakanwil Kemenkumham Sulteng atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia juga bertekad akan senantiasa memberikan layanan pemasyarakatan yang mumpuni.

Efendi juga menegaskan bahwa pihaknya telah berkomitmen bersama Pemerintah Daerah Kab. Banggai untuk menyiapkan para WBP menjadi manusia yang lebih mandiri ketika telah bebas nanti.

“Kita berkomitmen untuk menyiapkan pribadi unggul bagi WBP Lapas Luwuk, tentunya program pembinaan akan terus kita lakukan secara kontinu, mereka semua mesti menjadi manusia mandiri ketika bebas nanti,” imbuh Efendi.

Kegiatan itu berjalan dengam khidmat, diakhir kegiatan Kakanwil Hermansyah bersama seluruh WBP menyantap kudapan siang bersam-sama.

HUMAS LAPAS LUWUK