Korem 181/PVT Laksanakan Latihan Lapangan Penanggulangan Bencana Alam Banjir Lanjutan di Kota Sorong

0
8

Sorong – Papua Barat Daya, Danrem 181/PVT Brigjen TNI Totok Sutriono, S.Sos., M.M., Cek langsung pelaksanaan Latihan Lapangan Penanggulangan Bencana Alam Banjir Lanjutan Kodim 1802/Sorong TA. 2024 dengan dibagi menjadi 2 Pos, yaitu Pos Komando Pengendalian berada di lapangan tembak Korem 181/PVT dan Pos Komando Latihan berada di Lapangan Kantor Walikota jalan Pramuka No. 1 Sorong Provinsi Papua Barat Daya. Rabu, (10/07/2024)

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Kodim 1802/Sorong dalam proses pengambilan keputusan militer, pelaksanaan Komando dan pengendalian dalam suatu operasi, kerja sama dan koordinasi dengan melibatkan Pemda dalam proses perencanaan operasi serta Kodal operasi secara terpadu dalam menghadapi permasalahan bencana alam banjir di wilayah Kodim 1802/Sorong.

Latihan Lapangan Penanggulan Bencana Alam ini berlangsung selama 5 hari dengan Melaksanakan Operasi Bantuan Kepada Pemda, Menanggulangi Akibat Bencana Banjir, Pengungsian dan Pemberian Bantuan Kemanusiaan di wilayah Korem 181/PVT dalam rangka mendukung Tugas Pemda Provinsi Papua Barat Daya

Kegiatan sudah berjalan dua hari, Hari pertama dilatihkan pendirian Posko, penentuan prioritas daerah bencana, pos titik bekal dan distribusi, tempat pengungsian, dapur lapangan, menangani orang gila yang mengamuk dijalan, membantu evakuasi ibu hamil yang Terjebak banjir di Daerah Kampung Pisang dan membantu membersihkan pohon roboh yang menghalangi jalan.

Dan untuk hari kedua dilaksanakan kegiatan latihan Lapangan Penyelamatan korban tengelam di kali remu, bantuan evakuasi masyarakat akibat banjir, mengamankan binatang melata (Buaya) yang berada di Pemukiman Masyarakat, mengatasi masyarakat yang mengamuk dikarenakan tidak puas dengan makanan di tempat pengungsian, menangkap penjarah dari rumah penduduk yang ditinggal karena terdampak banjir. Kegiatan hari selanjutnya akan dilaksanakan sesuai skenario yang sudah direncanakan.