Korem 181/PVT Gelar Sholat Idul Adha 1445 H/2024 M

0
15

Oleh : Penrem 181/PVT

Sorong – Papua Barat Daya, Korem 181/PVT menggelar Sholat Idul Adha 1445 Hijriah tahun 2024 Masehi dengan tema “Tumbuhkan kepedulian sosial kepada sesama” bertempat di Lapangan Apel Makorem 181/PVT Jl. Pramuka No. 1 Sorong Provinsi Papua Barat Daya. Senin, (17/06/2024).

Sholat Idul Adha kali ini diikuti ratusan Jemaah Masjid Al Mujahiddin Korem 181/PVT, Prajurit Korem 181/PVT beserta masyarakat sekitar asrama, bertindak sebagai Imam Serda Ageng Bimantoro bertindak sebagai Khotib Mayor Inf H. Triyana, S.Pdi.M.Pdi.

Dalam khotbahnya Mayor Inf H. Triyana, S.Pdi. M.Pdi., menyampaikan kepada jamaah shalat Idul Adha rahimakumullah, bahwa Semua yang hadir di tempat ini pasti merasakan, betapa besar nikmat-nikmat Allah yang telah dianugerahkan. Nikmat itu tak akan bisa di hitung dalam angka dan angan-angan. Nikmat itu terus mengiringi setiap langkah kita dalam kehidupan. Untuk kita syukuri dan kuatkan, serta diwujudkan melalui lisan, tindakan, dan perbuatan dalam keseharian.

Alhamdulillahirabbil alamin. Kalimat inilah yang harus kita tancapkan lahir dan batin. Agar nikmat yang kita terima ini tetap abadi dan kita tetap yakin, bahwa Allah lah yang pada-Nya tidak ada yang tidak mungkin. Mudah-mudahan kita termasuk golongan orang Mukmin, yang senantiasa ditambah nikmatnya oleh Allah Sang Rabbul Alamin. Amin-amin ya Rabbal Alamin, tuturnya.

Di antara nikmat yang tak bisa kita pungkiri saat ini, adalah umur panjang, kesehatan, dan kesempatan yang senantiasa mengiringi. Sehingga kita bisa merasakan nikmat berhari Raya Idul Adha 1445 H bersama orang-orang yang kita cintai. Nikmat ini harus kita iringi juga dengan menguatkan takwa kepada Ilahi Rabbi, dengan menjalankan perintah-Nya yang suci dan meninggalkan larangan-Nya dalam kehidupan kita sehari-hari, ungkapnya.

Disampaikan juga firman Allah dalam Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 102 yang artinya “Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa kepada-Nya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim.”

Disampaikan pula kepada seluruh jamaah shalat Idul Adha, bahwa Idul Adha merupakan hari raya umat Islam yang selalu diwarnai dengan kemeriahan dan kebersamaan. Dari hal ini muncullah cinta dan juga kebahagiaan. Semua ini bisa kita rasakan dalam rangkaian ibadah seperti shalat Id berjamaah, ibadah haji, dan juga kurban. Kita berkumpul bersama di masjid dan tanah lapang yang penuh keberkahan. Untuk bersama melaksanakan shalat Id sebagai wujud penghambaan dan ketaatan. Semua berkumpul tanpa memandang status kehidupan. Semua sama di hadapan Allah dengan pembeda hanya ketakwaan, tuturnya

Para jamaah haji di Tanah Suci pun begitu juga. Mereka berdatangan dari berbagai penjuru dunia. Iman dan ketakwaan menyatukan mereka. Mereka menghamba kepada Allah, Tuhan alam semesta. Sekaligus menebar kasih sayang kepada sesama sebagai wujud ibadah sosial dan kebersamaan penuh cinta, pungkasnya.

Kebersamaan dalam haji dan shalat Idul Adha, tentu akan memperkuat ikatan persaudaraan kita. Dari sinilah akan tumbuh rasa cinta untuk senantiasa menghormati sesama. Kita memang diciptakan ke dalam suku, bangsa, warna kulit, dan budaya yang berbeda-beda, ujarnya.

Namun perbedaan itu bukan untuk dibanding-bandingkan dan merasa unggul satu dengan yang lainnya. Tujuan diciptakannya kita berbeda-beda oleh Allah adalah untuk saling kenal dengan sesama. Sehingga muncul harmoni yang menambah keindahan dalam kehidupan di dunia, harapnya.

Idul Adha kali ini hewan Qurban Masjid korem 181/PVT sebanyak 3 ekor Sapi.

Ikut hadir dalam Sholat Idul Adha tersebut, Para Kasi Kasrem 181/PVT, Para Kabalak Aju Kodam XVIII/Ksr, Para Kabalakrem 181/PVT, serta Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Korem 181/PVT, serta warga masyarakat sekitar.