Korem 181/PVT Gelar Komsos Bersama Aparat Pemerintahan di Wilayah Sorong TA. 2024

0
12

Sorong-Papua Barat Daya, Kasrem 181/PVT Kolonel Inf Christian Pieter Sipahelut, memimpin langsung kegiatan Komunikasi Sosial dengan aparat pemerintahan diwilayah Sorong Tahun Anggaran 2024, bertempat di ruang transit Makorem 181/PVT Jl. Pramuka No.1 Kelurahan Malaimsamso, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, Kamis (20/06/2024).

Dalam amanat Danrem 181/PVT yang di bacakan Kolonel Inf Christian Pieter Sipahelut Kasrem 181/PVT, menyampaikan bahwa selaku pribadi dan atas nama Komandan Korem 181/PVT saya mengucapkan “Selamat Datang dan Terimakasih” kepada para undangan yang telah meluangkan waktu untuk menghadiri kegiatan pada hari ini.

Pada kesempatan yang baik ini juga sekiranya dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan kebersamaan dan membangun komunikasi dialogis diantara kita, sehingga diharapkan akan terwujud kesamaan pandangan dalam menyikapi berbagai permasalahan aktual di Provinsi Papua Barat Daya, khususnya di wilayah Sorong Raya.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini tidak lain adalah memelihara, meningkatkan dan menjalin sinergitas antara Korem 181/PVT dengan Aparat Pemerintah yang berada di Provinsi Papua Barat Daya, sebagai sarana komunikasi terkait dengan tugas-tugas TNI AD dalam hal ini kebanyakan program Kepala Staf Angkatan Darat dalam rangka mensejahterakan dan mengatasi kesulitan rakyat.

Adapun Tema kegiatan hari ini adalah *”TNI AD bersama Aparat Pemerintah bersinergi dalam mengantisipasi dampak perubahan iklim”*, dengan sasaran terjalinnya kerja sama yang semakin erat antara TNI AD dengan Aparat Pemerintah dalam mendukung kebijakan-kebijakan Pimpinan TNI AD di bidang teritorial.

Meningkatkan koordinasi dan sinergi antara Aparat Pemerintah dan TNI AD dalam kebijakan keamanan nasional dalam menghadapi ancaman perubahan iklim di indonesia serta membangun kesadaran dalam menghadapi ancaman perubahan iklim.

jadikan kegiatan ini untuk menambah wawasan kita sebagai warga negara Indonesia dalam menghadapi dampak perubahan iklim dan cara mengatasinya.

Danrem berharap kegiatan yang diselenggarakan ini akan membawa dampak yang positif untuk kemajuan wilayah khususnya Sorong Raya. Karena dengan kebersamaan seperti inilah merupakan daya pemersatu seluruh Bangsa dan sekaligus sebagai kekuatan dalam mempertahankan eksistensi Bangsa dalam membangun menuju hari esok yang lebih baik.

Pada kesempatan yang sama Kasiter Kasrem 181/ PVT Kolonel Inf Prasetyo Djoko T.S., M.Si. (Han) memaparkan materi *”dampak perubahan iklim berkaitan dengan efek rumah kaca”* disini sering kita temui seperti salah satu contohnya cuaca ekstrim seperti banjir ataupun bencana alam lainnya, ujarnya.

Adapun dampak yang sering di alami seperti perubahan suhu global, kenaikan permukaan air laut yang naik hampir 3.3 ml pertahun merupakan bagian dari perubahan iklim di setiap daerah, ungkapnya.

Sering kita temui hal hal berkaitan di daerah ataupun kota besar contohnya seperti di jakarta, perubahan iklim yg begitu dahsyat, tuturnya.

Serta yang sering di alami di daerah kota Sorong seperti banjir di km 10 kota Sorong yaitu merupakan dampak dari struktur perubahan iklim, pungkasnya.

Ada juga Program KASAD yang sudah dilaksanakan selama ini yaitu TNI Manunggal Air, Ketahanan Pangan, Pendekatan Terhadap Masyarakat Melalui Program Program Pertanian, TNI AD Dalam Penanganan stunting, Implementasi Doktrin Teritorial, ucapnya.

Turut hadir, Aparat Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya, Aparat Pemerintah Kota Sorong dan Aparat Pemerintah Kabupaten Sorong, Pejabat BUMN, Pejabat BUMD dan Para Kasi Korem 181/PVT.