Korem 092/Mrl Gelar Apel Gabungan, Kasipers Kasrem 092/Mrl Bacakan Amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia

0
9

Tanjung Selor – Korem 092/Mrl menyelenggarakan upacara Hari Lahir Pancasila, karena cuaca hujan deras mengguyur kota Tanjung Selor maka pelaksanaan upacara dialihkan menjadi Apel gabungan di Aula Ajenrem 092/Mrl Kota Tanjung Selor Prov. Kaltara, Sabtu (01/06/2024).

Apel gabungan dipimpin oleh Kasipers Kasrem 092/Mrl Kolonel Inf Didik Efendi, S.I.P serta diikuti oleh para Perwira Staf, para Kabalak Korem 092/Mrl serta Para Perwira, Bintara dan Tamtama di lingkungan Korem 092/Mrl.

Pada kesempatan tersebut, Kasipers Kasrem 092/Mrl membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Yudian Wahyudi menyampaikan, bahwa pada hari ini, (tanggal) 1 Juni 2024, merupakan peringatan Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Sedangkan Tema peringatan hari lahir Pancasila kali yakni “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045″. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Lebih lanjut disampaikan bahwa, Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Didalam Pancasila terkandung nilai-nilai yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhineka Tunggal Ika”.

Diakhir amanatnya, kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai- nilai Pancasila. “Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.” Pungkasnya