Jalin Kemanunggalan TNI & Rakyat, Babinsa Kahu Bantu Warga Kupas Jagung

0
9

BONE – Babinsa Koramil 19/Kahu, Kodim 1407/Bone Serda Syafaruddin membantu mengupas jagung dirumah salah satu petani yang sedang panen, di Desa Carima, Kec.Kahu, Kab. Bone. Jum’at ( 21/06/24 ).

Kegiatan mengupas jagung ini, TNI dengan masyarakat semakin akrab dan tak hanya itu sambil mengupas jagung sambil bercerita, memberikan motivasi kepada masyarakat.

Dalam percakapannya, Babinsa Carima menyampaikan, dalam kondisi normal, budidaya tanaman jagung dapat dipanen kurang lebih pada usia sekitar 3 bulan. Pada usia ini nampak terlihat batang dan daun jagung mulai mengering.

“Ini menandakan bahwa jagung di dalam juga sudah mengering dan siap untuk dipanen. Cara pemanenan dapat dilakukan dengan cara manual atau pemacokan terhadap batang jagung atau dengan memetik jagungnya saja,” ungkap Serda Syafar.

Lanjut Babinsa pemanenan secara manual memerlukan tenaga kerja yang banyak untuk memanennya. Setelah jagung dipanen kemudian dikupas satu persatu seperti sekarang ini lalu dijemur kembali sampai kering.

“Selanjutnya baru dipipil dengan mesin pemipil atau dengan tangan, Setelah jagung terpipil dijemur kembali agar benar-benar kering, tutupnya. (Pendim 1407/Bone)