Dukung Ketahanan Pangan, Babinsa Koramil-04 Kodim 1404/Pinrang hadiri acara Mappalili

0
12

Pinrang_ Kabupaten Pinrang sebagai salah satu daerah lumbung pangan di Sulawesi-selatan memiliki budaya yang masih terjaga kelestariannya. Salah satu di antaranya adalah Mappalili, sebuah acara adat-istiadat yang dilakukan sebagai ritual masyarakat sebelum para petani turun ke sawah menanam padi.

Seperti yang dilaksanakan oleh masyarakat Kelurahan Maccinnae Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang Provinsi Sulawesi Selatan yang dihadiri oleh Babinsa Koramil-04/Paleteang Kodim 1404/Pinrang Sertu Syahruddin, Sabtu (18/05/2024).

Dalam acara Mappalili tersebut, masyarakat berkumpul di satu tempat di areal persawahan untuk memulai membajak sawah dan dihadirkan sejumlah makanan khas masyarakat Bugis dilanjutkan dengan doa bersama.

“Kegiatan acara Mappalili dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas rezeki yang telah diberikan, serta do’a bersama semoga diberikan kemudahan dan keselamatan dalam membajak sawah sampai panen”, ujar Babinsa Sertu Syahruddin.

Lebih lanjut Sertu Syahruddin menyampaikan kepada masyarakat bahwa Babinsa akan terus dan takkan pernah lelah melakukan pendampingan kepada para petani, agar hasil panen meningkat. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten Pinrang dalam mensukseskan Ketahanan Pangan.