Danrem 181/PVT Buka Latihan Posko 1 Kodim 1802/Sorong TA 2024

0
9

Sorong – Papua Barat Daya, Komandan Korem 181/PVT, Brigadir Jenderal TNI Totok Sutriono, S.Sos., M.M., memimpin Acara Pembukaan Gladi Posko I Kodim 1802/Sorong Tahun Anggaran 2024 bertempat di Makodim 1802/Sorong Jalan Ahmad Yani, Klaligi, Distrik Sorong, Kota Sorong, Papua Barat Daya. Senin (27/05/2024).

Dalam amanatnya, Danrem 181/PVT menyampaikan bahwa Kodim 1802/Srg merupakan Komando Pelaksana Korem 181/PVT yang bersifat kewilayahan dan memiliki wilayah tanggung jawab di Kota Sorong dan Kabupaten Sorong.

Guna memenuhi hal itu, diperlukan suatu latihan yang dilaksanakan secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut serta senantiasa di Olah Yudhakan dengan kemungkinan munculnya ancaman aktual yang diperanggapkan, sehingga latihan benar-benar realistis sesuai dinamika perkembangan lingkungan strategis, yang pada gilirannya nanti, dalam aplikasi yang sesungguhnya, seluruh prajurit Kodim 1802/Srg akan mampu bertindak dengan cepat, tepat dan tuntas dalam mengatasi maupun dalam memberikan bantuan kepada Pemda terhadap ancaman dan permasalahan yang timbul di wilayahnya, ungkapnya.

Geladi Posko I yang dilaksanakan saat ini, mengusung Tema, ”Kodim 1802/Sorong Melaksanakan Operasi Bantuan Penanggulangan Bencana Alam Banjir di Wilayah Papua Barat Daya”. Oleh karena itu, Danrem 181/PVT memberikan penekanan kepada seluruh peserta gladi agar memanfaatkan waktu gladi yang relatif singkat ini seoptimal mungkin, laksanakan dengan penuh semangat dan motivasi tinggi, sehingga Geladi Posko I Kodim 1802/Srg dapat berhasil sesuai dengan tujuan dan sasaran yang diharapkan, ujarnya.

Danrem berharap dalam pelaksanaan Gladi Posko I ini baik penyelenggara dan pelaku agar dilaksanakan secara maksimal dan sungguh-sungguh, harapnya.

Untuk materi yang ingin dikembangkan adalah agar unsur Komandan dan Staf Kodim 1802/Srg mampu merencanakan kegiatan berkaitan dengan OMSP, khususnya manajemen penanggulangan bencana alam, dengan pola “mapping strategis” masalah yang dihadapi agar dapat merencanakan, menyiapkan dan mengambil keputusan yang sesuai dengan permasalahan. Gladi Posko I ini diikuti oleh 70 orang peserta. Terdiri dari 45 orang penyelenggara dan 25 orang pelaku, tuturnya.

Upacara pembukaan dihadiri oleh, Kasrem 181/PVT, para Kasi Korem 181/PVT, Dinas BMKG, Dinas Kesehatan, Tim Sar, Dinas Damkar Sorong, Dandim 1802/Sorong, Danden Bekang, Dandenpal, Danden Zibang, undangan serta anggota Kodim 1802/Sorong sebagai peserta upacara.