Danrem 012/Teuku Umar Tutup Pelaksanaan Upacara Serbuan Teritorial di Makodim 0116/Nagan Raya

0
10

Nagan Raya, Kegiatan serbuan teritorial yang selama ini berjalan di Makodim 0116/Nagan Raya, secara resmi ditutup oleh Komandan Korem (Danrem) 012/Teuku Umar Kolonel Inf Deni Gunawan, SE. selaku Inspektur upacara dan Komandan upacara Letda Inf Ali Mustopa pada upacara Penutupan Serbuan Teritorial TNI Tahun 2024 di Wilayah Korem 012/Teuku Umar, yang mengusung tema “Dengan Semangat Serbuan Teritorial TNI, Kita Tingkatkan Kegiatan Binter TNI Secara Masif Guna Mengatasi Kesulitan Rakyat di Wilayah Kodam Iskandar Muda”, Kamis (20/06/2023).

Danrem 012 Teuku Umar Kolonel Inf Deni Gunawan dalam sambutanya menyampaikan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan serbuan teritorial wilayah Korem 012/Teuku Umar yang telah berjalan dengan aman, lancar dan sukses.

“Semoga dengan tekad dan itikad yang dilandasi semangat pengabdian yang tulus dan ikhlas selama pelaksanaan, hasilnya dapat memberi manfaat. Sehingga dapat menunjang kebutuhan masyarakat, sekaligus mengatasi kesulitan masyarakat dan membantu tugas pemerintah,” kata Danrem 012/Teuku Umar.

Dikatakannya, selaras dengan tema serbuan teritorial kegiatan ini merupakan wujud dharma bakti TNI dalam membantu pemerintah daerah untuk mengatasi kesulitan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Korem 012/Teuku Umar.

Selanjutnya Danrem 012/Teuku Umar berpesan agar kita senantiasa memelihara semangat kebersamaan, persatuan, toleransi atas perbedaan dan budaya gotong royong serta kepercayaan diri dalam kehidupan keseharian kita. “Saya minta agar fasilitas dan sarana prasarana yang telah dibangun ini senantiasa dijaga dan dipelihara agar dapat bermanfaat dalam kurun waktu yang cukup lama,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Danrem 012 Teuku Umar, pembinaan teritorial (Binter) termasuk salah satu dari tiga fungsi utama TNI Angkatan Darat yang tertuang dalam undang undang Nomor 34 Tahun 2004 Tentang TNI ada 14 TugasTNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yaitu salah satunya adalah bahwa TNI dapat Membantu tugas Pemerintah Daerah terutama dalam hal Ketahanan Pangan yang sangat di butuhkan Masyarakat Ucap Danrem.

“Teritorial itu salah satu fungsi utama TNI Angkatan Darat dan kegiatan serbuan teritorial ini dilaksanakan hampir semua Korem laksanakan kegiatan seperti ini,” kata Danrem.

Lebih jauh dikatakan Danrem, dalam pelaksanaan serbuan teritorial TNI melingkupi sasaran fisik dan non fisik. Sasaran fisik diantaranya adalah 1 Unit Balai Balai Diklat beserta Sundsitemnya, Pembangunan 1 Unit Rumah Produksi Pupuk dan Pakan Ternak, Pembuatan 1 Unit Kandang Sapi, Pembuatan Kolam Ikan, Rehab Kandang Ayam, Rehab 1 Unit RTLH seluruhnya sudah selesai 100%.

Sedangkan kegiatan Non Fisik Terelaksananya Pelatihan dan Penyuluhan Seperti Perikanan, Pertanian, Peternakan Pendampingan Pengolahan dan Lahan Jagung seluas 20 Hektar, pembagian sembako 1000 paket, Pembagian 4 ekor sapi, Pemberian Bantuan Bibit, Pakan Ikan dan Ayam, serta pembagian Pupuk Kepada Petani dan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Ditambahkan Danrem, keberadaan kegiatan serbuan teritorial ini merupakan salah satu momentum yang sangat tepat untuk menjalin silaturahmi.

“Kegiatan Serter ini tujuannya adalah mendekatkan khususnya TNI dan Polri serta masyarakat untuk menguatkan semangat gotong royong,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri, Sekdakab Nagan Raya Ir. H. Ardimartha, Kapolres Nagan Raya, Akbp. Rudi Saeful Hadi, S.I.K., Danki- C Brimob Kuala, Aiptu Junaidi., Kajari Nagan Raya, Djaka B Wibisana, SE. S.H, Ketua Mahkamah Syahriah, Ahmad Mudlofar.S.H.I,.M.H.I, Ws. Kasdim 0116/Nagan Raya, Mayor Inf Legianto. Para Pasi Kodim Para Danramil Danposramil, Para Camat Sekabupaten Nagan Raya dan Para Keucik Gampong Kab. Nagan Raya.