Dandim 1707/Merauke Dampingi Petugas Dari Kementan RI Survey Optimasi Lahan

0
13

Komandan Kodim 1707/Merauke Letkol Inf Bayu Kriswandito, S.Hub. Int., M.H.I. melaksanakan pendampingan kepada petugas dari Kementan RI selaku Tim Survey dalam melaksanakan kegiatan Optimasi Lahan (OPTAL) yang berada di wilayah Distrik Tanah Miring Kabupaten Merauke – Papua Selatan. Rabu (15/5/2024).

Kegiatan survey tersebut yaitu melakukan pengecekan lahan tidur yang nantinya akan dijadikan lahan pertanian sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Menteri Pertanian RI Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P. pada waktu kunjungan kerja di Kabupaten Merauke beberapa pekan yang lalu bahwa di Merauke akan dibuka lahan pertanian seluas 20.000 Ha pada tahun 2024.

Peninjauan lahan tidur tersebut dilakukan dibeberapa titik diantaranya di Kampung Kamangi/Binalahan seluas 50 Ha, di SP-4 seluas 60 Ha dan di SP-7 serta SP-9 wilayah Distrik Tanah Miring Kab. Merauke.

Adapun kendala yang dihadapi oleh para petani yaitu belum adanya akses jalan menuju persawahan dan belum adanya parit/drainase yang berfungsi memasukan ataupun mengeluarkan air untuk mengendalikan proses tanam serta lahan tidur tersebut masuk dalam kategori lahan tidur rusak sedang.

Adapun tim survey kegiatan Optimasi Lahan (OPTAL) tersebut Sesban BPSIP Kementan RI Bapak Haris, Keahlian Alat dan Mesin Pertanian Kementrian Pertanian RI Dr. Astu Unadi dan Staf BPSIP Kementan RI Ibu Martina.

Nampak hadir dan ikut melaksanakan pendampingan survey lahan Kasiter Kasrem 174/ATW Kolonel Inf Lamberth Jerry Mailoa, S.E., Dandenkesyah 17.3 Merauke Letkol Ckm Ketut S., Danramil 1707-02/Merauke Mayor Inf La Haruni, Kepala Dinas Pertanian Merauke Ibu Yosefa, Tim Survey Dinas Pertanian Kab. Merauke Bapak Hardi, para Babinsa Pos Ramil Tanah Miring dan Kepala Kampung Kamangi Bapak Andrianus Mari serta Ketua Gapoktan Kampung Kamangi Bapak Andrianus Masang.