Babinsa Koramil 1407-14/Libureng Hadiri Acara Tudang Sipulung Di Desa Ponre-Ponre

0
16

BONE – Sertu Abd. Azis Babinsa Koramil 1407-14/Libureng hadiri acara adat warga setempat ” Tudang Sipulung ” tingkat Desa di Masjid Nurul Iman, Desa Ponre-Ponre, Kec. Libureng, Kab. Bone. Rabu (22/11/23).

Hadir dalam acara Hardin SP Kepala Penyuluh Pertanian Kecamatan Libureng, Andi Jamaluddin  Kepala Desa Ponre-Ponre, Sertu Abd. Azis Babinsa Ponre-Ponre, para aparat desa, penyuluh pertanian (PPL), tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat serta para kelompok tani Desa Ponre-Ponre.

Sertu Abd.Azis saat ditemui mengungkapkan mengatakan bahwa “kegiatan ini merupakan tradisi tahunan yang dilaksanakan masyarakat Desa Ponre-ponre, setiap awal menjelang turun sawah tiba, untuk menjaga kelestarian budaya yang sejak dahulu sudah menjadi tradisi warga setempat dengan mengedepankan kebersamaan dan kekompakan bagi para warga atau petani “pungkasnya.

Lanjut Babinsa “adapun hasil tudang sipulung yang disepakati dalam musyawarah mencakup sektor pertanian tanaman pangan, jadwal tanam, jarak tanam paket, varietas yang dianjurkan, alokasi kebutuhan pupuk, hama penyakit serta tahap panen hingga pasca panen,” terang Babinsa.

Sementara itu ditempat terpisah Danramil 14/Libureng Lettu Inf.Akhyar Budiman juga menjelaskan bahwa kegiatan tudang sipulung yang dilaksanakan di desa bertujuan untuk membahas permasalahan pertanian secara umum dan memberikan solusi secara terpadu, baik di tingkat petani dan isu-isu strategis pertanian yang sedang berkembang, sehingga kehadiran Babinsa sebagai pembina desa diharapkan bisa memberi masukan ataupun inovasi terkait pertanian demi kemajuan dan kesejahteraan petani, jelas Danramil Libureng. (Pendim 1407/Bone)