Babinsa Koramil 1407-06/Awangpone Hadiri Pelatihan Pengolahan Hasil Perikanan Berbasis Teknologi Tepat Guna

0
5

BONE – Babinsa Koramil 1407-06/Awangpone Sertu Syamsuddin hadiri pelatihan pengolahan hasil perikanan ikan air tawar dan ikan asin berbasis teknologi tepat guna, di Desa Kajauara, Kec. Awangpone, Kab. Bone. Selasa (13/02/24)

Dalam usaha meningkatkan kualitas dan kuantitas tersebut, Babinsa Koramil 1407-06/Awangpone Sertu Syamsuddin selalu aktif mendampingi pelatihan pengolahan ikan air tawar dan ikan asin tersebut di wilayah binaannya.

Sertu Syamsuddin mengatakan, dengan adanya pendampingan ini diharapkan untuk menambah motifasi partisipasi dalam menambah pendapatan keluarga khususnya bagi warga Desa Kajuara.

Beliau mengungkapkan, proses pengolahan ikan air tawar yang dilakukan oleh warga yaitu dengan menggunakan metode penggaraman basah yaitu menggunakan larutan garam dan dilanjutkan dengan perendaman selama 1×24 jam, setelah itu tahap penjemuran sampai ikan menjadi kering, kemudian untuk pembuatan kerupuk, memerlukan beberapa bahan yaitu tepung tapioca, bumbu, telur, air, dan daging ikan tawar, terang Babinsa.

Babinsa berharap agar usaha seperti itu dapat menjadi contoh untuk masyarakat lainnya, khususnya warga Desa Kajuara yang belum memiliki perkerjaan dalam meningkatkan perekonomian pendapatan keluarga melalui usaha mandiri. (Pendim 1407/Bone)