Babinsa Koramil 1405-01/Ujung Dampingi Petani Membajak Sawah di Parepare

0
47

KODIM 1405/PAREPARE – Personel Babinsa Koramil 1405-01/Ujung kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung sektor pertanian dengan melakukan pendampingan kepada petani lokal. Kegiatan ini dilakukan di sawah milik Bapak Baharuddin, anggota kelompok tani Laompagam, yang berlokasi di Jl. Bukit Madani Tegal 1 RW.10, Kelurahan Lapadde, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, rabu (19/62024).

Pendampingan tersebut melibatkan penggunaan alat modern berupa hand traktor untuk membajak sawah seluas 2,7 hektar. Dengan adanya pendampingan ini, diharapkan proses pengolahan lahan pertanian menjadi lebih efisien dan produktivitas hasil pertanian dapat meningkat.

“Bapak Baharuddin sangat antusias dengan bantuan yang diberikan. Dengan menggunakan hand traktor, pekerjaan membajak sawah yang biasanya memakan waktu lebih lama kini bisa selesai dengan lebih cepat dan tenaga yang dikeluarkan juga lebih sedikit,” ungkap salah satu personel Babinsa yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Koramil 1405-01/Ujung dalam mendukung program ketahanan pangan di wilayahnya. Pendampingan kepada petani menjadi salah satu langkah nyata dalam memastikan bahwa para petani mendapatkan dukungan teknis dan moral untuk meningkatkan hasil panen mereka.

Selain membantu membajak sawah, Babinsa juga memberikan bimbingan teknis terkait dengan perawatan dan penggunaan hand traktor, sehingga para petani dapat mengoperasikan alat tersebut secara mandiri di masa mendatang.

Kerja sama antara TNI dan petani ini diharapkan dapat terus berlanjut dan semakin memperkuat hubungan antara aparat keamanan dengan masyarakat. Dengan demikian, ketahanan pangan dan kesejahteraan petani di Kota Parepare dapat terwujud dengan lebih baik, tutupnya, (Dal)