Babinsa Koramil 07/TR Ikuti Sosialisasi ODF Di Wilayah Binaan

0
12

BONE – Babinsa Koramil 1407-07/Tanete Riattang Serda Junaedi menghadiri sosialiasi dari Tim Verifikasi ODF Kecamatan, bertempat di kantor Lurah Lonrae, Kec. Tanete Riattang Timur, Kab. Bone. Rabu(05/05/21).

Proses verifikasi ODF itu sendiri adalah proses untuk memastikan status ODF dalam suatu komunitas masyarakat yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

Verifikasi ODF tersebut juga dihadiri oleh Lurah Lonrae, perwakilan dari Kepala Puskesmas beserta perangkat, Bhabinkamtibmas, dan Ibu-Ibu kader kesehatan Lonrae.

Lurah Lonrae dalam kesempatan itu menyampaikan, verifikasi desa ODF, merupakan hal yang sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat desa, guna memastikan perubahan perilaku di masyarakat, agar benar-benar terjadi dan berkelanjutan tidak sesaat pada deklarasi ODF saja, namun perubahan perilaku terjadi secara permanen. “Tahun ini, seluruh wilayah di Kabupaten Bone harus sudah ODF”, ujarnya.

Sementara perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bone, ODF merupakan program kerja Bupati Bone, yang harus kita dukung dan harapannya di tahun ini semua wilayah di Kabupaten Bone sudah ODF.

“Verifikasi ODF ini untuk kita belajar bersama tentang cara menangani buang air besar sembarangan dan kesehatan warga serta mencari solusi masalah kesehatan”, jelasnya.

Setelah menyasar 10 RW, dan tiap RW terdapat Tim verifikasi yang terdiri dari 2 orang Tim verifikasi puskesmas Kel. Lonrae, dengan di bantu petugas dari perangkat kelurahan, di dapatkan hasil sudah memenuhi standarisasi ODF, walaupun masih di temukan ada warga yang menumpang BAB di rumah tetangga.