Babinsa Bontocani Laksanakan Binter Kepada Pelaku UMKM

0
58

BONE – Babinsa Koramil 20/Bontocani Kodim 1407/ Bone Sertu Mustamir melaksanakan kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) kepada ibu Ramlah (45 thun) salah satu pengepul/ Tengkulak hasil produksi pertanian di pasar tradisional kahu kec.bontocani, kab.Bone. Minggu(23/05/2021).

Pengepul atau tengkulak secara sederhana bisa diartikan sebagai pedagang perantara. Misalnya, dalam hal tengkulak pertanian, pengepul atau tengkulak berarti orang yang membeli hasil bumi atau hasil pertanian dari para petani untuk dijual kembali. Di daerah-daerah pertanian, kehadiran pengepul ini sangat penting untuk mendistribusikan hasil produk pertanian.

Sertu Mustamir mengungkapkan, Usaha yang di tekuni ini memang cukup menjanjikan, terutama yang memang punya ketertarikan di bidang pertanian.Tak hanya menjanjikan, usaha ini juga bisa membantu para petani agar lebih mudah dalam menjual hasil pertanian mereka.

“Disela waktu yang ada, ia menyempatkan diri untuk mengunjungi salah satu warga binaannya yang bergerak dalam suatu usaha skala Home Industri berupa jual beli hasil alam dan pertanian berupa cokelat,kemiri,gula merah dll”,ungkapnya.

Saat ditemui ibu Ramlah menuturkan Tak perlu khawatir, setidaknya, ada tiga keuntungan yang bisa Kita dapatkan saat memulai bisnis ini. Jangan skeptis atau bahkan menganggap sebelah mata usaha ini. Menjadi pengepul hasil pertanian dapat memberikan keuntungan berupa finansial,dapat membantu petani menyalurkan hasil pertaniannya,dan dapat membawa kita kelingkungam kerja yang lebih besar di luar sana, tutur Ibu Ramlah.