Lapas Banjarbaru Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-96, “Maju Bersama Indonesia Raya”

0
6

Banjarbaru, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Banjarbaru menggelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-96 Tahun 2024 dengan tema “Maju Bersama Indonesia Raya” di Lapangan Alun-alun Lapas Banjarbaru, Senin (28/10). Upacara diikuti oleh para pejabat struktural, staf pegawai, petugas regu pengamanan, serta puluhan Warga Binaan.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, yaitu Kepala Lapas Banjarbaru, I Wayan Nurasta Wibawa, sebagai Perwira Upacara, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Tamberin, dan sebagai Komandan Upacara, Kepala Subseksi Registrasi, Taufiqurrahman. Dalam amanatnya, Wayan membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Ario Bimo Nandito Ariotedjo.

Wayan menuturkan bahwa peringatan HSP tahun ini merupakan momen dalam mengingat kembali nilai-nilai agung yang didengungkan generasi Sumpah Pemuda 1928. Nilai-nilai ini penting untuk menguatkan kesadaran dan karakter bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai perubahan situasi dan kondisi yang sangat cepat.

“Pada saat ini bangsa Indonesia tengah memperingati sebuah peristiwa penting dalam sejarah kebangsaan Indonesia yaitu Peristiwa Sumpah Pemuda tahun 1928. Sebuah peristiwa di mana para pemuda Indonesia menyatakan tekad dan kehendak yang kuat untuk bersatu di tengah kenyataan keragaman untuk menghadirkan negara Indonesia,” ucapnya.

Wayan menyampaikan Bulan Pemuda dan peringatan HSP 2024 ini bersamaan masa transisi pemerintahan baru yang akan mengorkestrasi langkah bangsa Indonesia mewujudkan target-target pembangunan jangka menengah. Sebagai landasan pencapaian target pembangunan jangka panjang 2045 yaitu terwujudnya Indonesia Emas yang bercirikan kemajuan dan kesejahteraan yang makin tinggi, serta kiprah bangsa Indonesia yang lebih kuat dalam kancah global.

“Momentum ini merupakan kesempatan bagi bangsa Indonesia untuk memberikan perhatian yang lebih besar kepada agenda-agenda pengembangan kepemudaan sebagai bagian penting dalam pembangunan Indonesia, baik dalam posisi pemuda sebagai subjek pembangunan maupun sebagai objek pembangunan,” terang Wayan.

Oleh karena itu, momentum peringatan HSP tahun 2024 ini mengangkat tema Maju Bersama Indonesia Raya. Tema ini menyampaikan pesan kepada kita semua, untuk meningkatkan dan memajukan berbagai elemen pelayanan kepemudaan hingga mencapai kondisi Indonesia yang raya, Indonesia yang besar, Indonesia yang sejahtera.

“Upaya ini dilakukan dalam bentuk upaya pemajuan secara bersama, simultan, sinkron, dan terkoordinasikan dengan sebaik-baiknya. Baik pada tingkat pusat maupun pada tingkat daerah,” jelasnya.

Lebih lanjut, Wayan mengajak semua pihak terkait bersama-sama melakukan berbagai macam langkah untuk mengembangkan potensi pemuda. Di antaranya melalui aktivitas yang mendorong perkembangan kreativitas dan inovasi pemuda Indonesia dengan berbagai cara yang dapat dilakukan.

“Marilah kita bersama membuka kesempatan seluas-luasnya kepada pemuda Indonesia untuk berpartisipasi dalam seluruh dimensi pembangunan Indonesia sesuai dengan kompetensi dan passion masing-masing. Marilah kita perbaiki kepedulian kita kepada pemuda Indonesia melalui perbaikan pelayanan kepemudaan, perbaikan tata-kelola pelayanan kepemudaan, dan dukungan sumber daya hingga kondisi kepemudaan Indonesia menjadi lebih baik yang tercermin dengan kenaikan Indeks Pembangunan Pemuda,” ajak Wayan.

Menutup amanatnya, Wayan mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kontribusi positif segenap pemangku kepentingan yang telah dan terus memberikan pelayanan kepemudaan yang baik.

“Kami juga memberikan terima kasih dan penghargaan atas prestasi kontribusi kepemimpinan dan kepeloporan pemuda Indonesia dalam berbagai bidang Pembangunan. Indonesia yang raya dan sejahtera memanggil partisipasi dan perjuangan pemuda Indonesia,” pungkas Wayan.