Koramil-04 Kodim 1404/Pinrang Bersinergi Dengan BPP Dan PPL Melaksanakan Pengubinan Padi di Sawah Demplot Pertanian Modern Kodim 1404/Pinrang

0
4

Pinrang_ Koramil-04/Paleteang Kodim 1404/Pinrang bersinergi dengan Badan Penyuluh Pertanian (BPP) dan Petugas Penyuluh Pertanian (PPL) melaksanakan pengubinan padi di area persawahan demplot pertanian modern Kodim 1404/Pirnag yang terletak di Lingkungan Awang-awang Kelurahan Sipatokkong Kecamatan watang Sawitto Kabupaten Pinrang, Sabtu (26/10/2024).

Danramil-04/Paleteang Kapten Cba Ridwan menjelaskan bahwasanya kegiatan pengubinan atau pengambilan sampel ubinan bertujuan untuk mengetahui perkiraan hasil produksi tanaman dalam luasan 1 Ha. Dalam penentuan produksi padi per satuan luas diperlukan teknik ubinan yang teliti.

“Pada hari ini bersama-sama dengan BPP dan PPL dan kelompok tani kita lakukan pengubinan dilahan pertanian modern Kodim 1404/Pinrang dan salah satu lahan anggota kelompok tani Mamminasae. Kita lakukan pengambilan sampel ubinan ini untuk mengetahui perbandingan hasil panen antara sawah demplot pertanian modern dan sawah warga”, jelas Kapten Ridwan.

Dari pengambilan sampel ubinan yang dilakukan di sawah milik kelompok tani Mamminasae seluas dengan luas 2,5 m x 2,5 m = 5,32 Kg x 16.000 = 8,5 Ton perhektar. Sedangkan pengambilan ubinan untuk sawah pertanian modern Kodim 1404/Pinrang dengan luas 2,5 m x 2,5 m = 6.48 Kg x 16.000 = 10,3 Ton perhektar.

Hadir dalam kegiatan pengubinan tersebut diantaranya Danramil-04/Paleteang Kapten Cba Ridwan, Kepala BPP Kec. Watang Sawitto, beserta Penyuluh H. Kaharuddin, S.P., M. Si., KSA BPS Kab. Pinrang Najamauddin, ST, PPL Kec. Watang Sawitto Mukhlis, S.P., Penyuluh Pertanian Ruskinah, SP., M. Si, dan Rahmaniar Rahman, SPT., MSi., Tim Maxxi Tani Indonesia Saipul, Babinsa jajaran Koramil-04/Paleteang dan anggota kelompok tani Mamminasae.