Sesitjen Kemenkumham Apresiasi Inovasi Layanan Lapas Banjarbaru, Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

0
6

Banjarbaru, INFO_PAS – Layanan yang diselenggarakan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Banjarbaru bagi masyarakat dan Warga Binaan mendapat apresiasi dari Sekretaris Inspektorat Jenderal (Sesitjen) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Ika Yusanti, saat melakukan kunjungan kerja ke Lapas Banjarbaru, Kamis (24/10). Kunjungan sesitjen disambut hangat Kepala Lapas Banjarbaru, I Wayan Nurasta Wibawa, dan jajaran Pejabat Struktural.

Tiba di Lapas Banjarbaru, Sesitjen didampingi Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Selatan, Jumadi, dan Kepala Divisi Pemasyarakatan, Said Mahdar. Mengawali kunjungannya, Ika meninjau langsung ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), termasuk alur pelayanan melalui Anjungan Titip Besuk Otomatis (Antis).

“Saya lihat mesin antrian Antis ini berjalan dengan bagus dan baik bagi pengguna layanan dan proses pelayanan pun jadi lebih cepat dan efisien. Penggunaan sistem antrian pengunjung berbasis IT ini merupakan suatu inovasi yang patut kita apresiasi karena sangat membantu dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat,” puji Ika.

Kemudian, Ika meninjau Klinik Pratama untuk mengecek ruang obat, ruang dokter, ruang tindakan, ruang isolasi penyakit menular, dan ruang observasi. lka juga memotivasi dokter dan perawat untuk senantiasa memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada Warga Binaan.

“Saya apresiasi upaya yang dilakukan Kalapas dan jajaran membuat klinik ini menjadi bagus, rapi, dan bersih. Tentu hal ini akan berdampak bagi kenyamanan Warga Binan yang memeriksakan kesehatan dirinya. Jangan lupa, untuk selalu mengecek kadaluarsa obat, dan sterilisasi alat kesehatan,” pesan Ika.

Selanjutnya, Ika meninjau dapur sehat untuk mengecek proses pengolahan makanan dan sarana prasarana penunjang dapur. Ia pun terkesan dengan kebersihan dan sistem pengelolaan dapur yang dikemas dengan baik.

“Keren inovasinya, masuk dapur pakai sandal anti slip, ada light box dan tabel kerangka menu makanan, serta jadwal keberangkatan makanan. Bisa ditambahkan, papan kontrol guna memantau berapa banyak bahan makanan diolah tiap harinya. Beraktifitas menjadi lebih bersemangat, melihat dapur yang bersih dan tertata seperti ini,” ucap Ika.

Ika melanjutkan kunjungannya dengan meninjau lahan Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) program pembinaan kemandirian Warga Binaan. Ika juga berkesempatan memetik jamur tiram hasil budidaya Warga Binaan.

“Terus semangat ya pak, Lapas bukan akhir dari segalanya, namun awal untuk menata kehidupan yang lebih baik. Keterampilan bapak ini harus digunakan untuk membuka usaha secara mandiri ketika bebas nanti sehingga bisa menghidupi keluarganya,” ujar Ika kepada Warga Binaan.

Kunjungan Sesitjen ini juga diisi dengan diskusi dan evaluasi seraya menikmati hasil panen Warga Binaan . Ia juga memberikan motivasi agar jajaran Lapas Banjarbaru terus optimis dan konsisten dalam meningkatkan kinerja demi meraih predilat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)

Secara keselurahan, Sesitjen menilai layanan yang diselenggarakan Lapas Banjarbaru sudag sangat baik. Ia berpesan agar jajaran Lapas Banjarbaru terus optimis dan konsisten dalam menjalankan tugas demi meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

“Tingkatkan kualitas pelayanan publik yang mengedepankan kenyamanan, kepuasan, humanis namun tetap mengutamakan keamanan. Awali semua program kegiatan dengan manajemen dan mitigas resiko agar terhindar terjadinya masalah,” tegas Ika.

Sementara itu, Kalapas Banjarbaru, I Wayan Nurasta menyampaikan terimasih atas kunjungan Sesitjen Kemenkumahm. “Kami bangga atas apresiasi yang diberikan oleh Ibu Sesitjen terkait layanan yang kita selenggarakan. Saran dan masukan dari beliau beliau akan segera kami implementasi secara optimal guna membangun meraih WBK tahun ini,” pungkasnya.