Babinsa Kel. Kahu Ramil 20 Bontocani Dampingi Petani Binaan Panen Padi Menggunakan Sabit

0
7

BONE – Babinsa Koramil 20/Bontocani Kodim 1407/Bone Serda Karman, melaksanakan pendampingan panen padi di lahan milik salah satu Kelompok Tani Solo Waranie di Kel. Kahu, Kec. Bontocani, Kab. Bone.

Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian di bidang pertanian, sebagai salah satu langkah menyukseskan program pemerintah swasembada pangan di Kabupaten Bone, khususnya di wilayah teritorial Koramil 20 Bontocani.

Serda Karman di sela kegiatan mengatakan, pada panen padi di areal persawahan yang ada di kelurahan kahu ini, masih menggunakan cara tradisional yaitu dengan menggunakan arit atau sabit.

Menurutnya, Sabit masih banyak digunakan oleh petani untuk melakukan pemanenan pada tanaman padi. Alat ini digunakan secara turun temurun oleh masyarakat petani, karena berbagai hal. Terutama masalah medan yang tidak memungkinkan plat pemotong modern menjangkaunya.

“Meskipun demikian, cara tersebut tetap efektif. Terlihat kerja sama warga, bahu-membahu mulai dari memotong padi hingga proses memilah dan membersihkan. Semua dilakukan dengan rasa kebersamaan yang tinggi, ” Ujar Karman. (Pendim 1407/Bone)