Babinsa Merauke Bantu Petani Rawat Tanaman Jagung Sebelum di Panen

0
5

Sebagai upaya dalam membantu meningkatkan hasil panen dan meringankan beban petani yang berada di wilayah teritorialnya, Babinsa Pos Ramil Kurik Koramil 1707-02/Merauke Kodim 1707/Merauke Koptu Petrus Kriswanto melaksanakan pendampingan dan membantu Bapak Warsudi salah satu petani Kampung Telaga Sari Distrik Kurik Kabupaten Merauke – Papua Selatan melakukan perawatan pada tanaman jagung miliknya. Senin (21/10/24).

Komandan Kodim 1707/Merauke Letkol Inf Johny Nofriady, S.E., M.Han melalui Danramil 1707-02/Merauke Mayor Inf La Haruni mengatakan, pendampingan dan ikut melakukan perawatan tanaman jagung milik Bapak Warsudi yang dilakukan Babinsa Koptu Petrus Kriswanto tersebut sebagai upaya meningkatkan hasil panen serta dapat meringankan bebannya bersama kelauarga dalam merawat tanaman jagung.

Keberadaan Babinsa dilapangan harus benar-benar bermanfaat bagi masyarakat, tidak hanya tentang ketahanan pangan saja akan tetapi juga hal-hal positif lain sehingga wilayah kampung binaannya menjadi lebih maju, mandiri, masyarakatnya tentram dan sejahtera, hal tersebut sesuai dengan arahan Dandim 1707/Merauke”. ungkap Mayor Inf La Haruni.

Sementara Bapak Warsudi mengatakan, lahan persawahan miliknya seluas 3/4 Ha saat ini ditanami jagung dan cabe, dimana sistem tanamnya dilakukan secara terpisah dengan harapan perawatannya lebih mudah dan hasil panen pun akan lebih maksimal.

Dikesempatan tersebut Babinsa Koptu Petrus Kriswanto juga memberikan arahan kepada Bapak Warsudi untuk mencoba menanam dengan sistem tumpang sari, dimana diselah-selah tanaman jagung bisa ditanami berbagai sayuran seperti cabe, tomat, terong dan yang lainnya sehingga bisa mendapatkan hasil yang lebih lengkap dan banyak.

“Memang agak sedikit ribet menanam dengan sistem tumpang sari, akan tetapi jika dilakukan dengan cermat dan teliti maka hasilnya bisa lebih meningkat dibandingkan dengan menanam biasa”. ungkap Babinsa Koptu Petrus Kriswanto.