Dandim 1404/Pinrang Berikan Pelatihan Mitigasi Bencana Kepada BPBD Dan Masyarakat Kab. Pinrang

0
6

Pinrang_ Dandim 1404/Pinrang Letkol Inf Abdullah Mahua, SHI., M.M., memberikan materi kepada peserta pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana dalam rangka peringatan bulan pengurangan resiko bencana Kab. Pinrang, bertempat di Aula Kantor Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang, Kamis (17/10/2024).

Dalam kesempatan tersebut Letkol Abdullah Mahua menjelaskan bahwa tujuan utama mitigasi bencana adalah untuk mengurangi risiko dan dampak bencana, terutama bagi penduduk seperti korban jiwa, kerugian ekonomi dan kerusakan sumber daya alam.

Dandim menyampaikan bahwa pelaksanaan mitigasi bencana yang berorientasi pada peningkatan kemampuan masyarakat melalui partisipasi masyarakat akan mengarah kepada, upaya mitigasi bencana bersama masyarakat di kawasan rawan bencana secara mandiri, pembangunan dan pengelolaan sumberdaya alam untuk kelangsungan kehidupan di kawasan rawan bencana dan pendekatan multisektoral, multidisiplin serta multibudaya.

“Kegiatan ini diberikan kepada para anggota BPBD dan masyarakat untuk mengantisipasi apabila terjadi bencana anggota BPBD dan masyarakat tidak bingun dan panik dan korban bisa diminimalisir dengan penanganan yang tepat”, ungkap Dandim.

Lebih lanjut Dandim menambahkan bahwa dalam tanggap bencana tugas pokok anggota BPBD salah satunya membantu dalam penanggulangan bencana alam. Artinya anggota BPBD harus siap siaga jika terjadi bencana alam seperti banjir, longsor dan bencana lainnya seperti angin puting beliung, pohon tumbang, kebakaran dan lain-lain.

“Pengetahuan ini agar diperhatikan dan disesuaikan dengan lingkungan setempat, sebab tiap daerah punya potensi sendiri-sendiri akan adanya bencana alam. Yang perlu diperhatikan adalah mengajak masyarakat sekitar untuk peduli dan tanggap akan kondisi masing-masing. Serta mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif apabila terjadi bencana siapa berbuat apa itu diberikan instruksi”, tutup Dandim.