Babinsa Kodim 1404/Pinrang Dapat Pelatihan Manajemen Pendampingan Pompanisasi

0
11

Pinrang_ Babinsa jajaran Kodim 1404/Pinrang dapat pelatihan manajemen pendampingan pompanisasi bagi pendamping lapangan dari BBPP Batangkaluku Badan Penyuluhan dan pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), bertempat di Aula Makodim 1404/Pinrang Kelurahan Laleng Bata Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang, Rabu (16/10/2024).

Dandim 1404/Pinrang Letkol Inf Abdullah Mahua, SHI., M.M., yang membuka pelatihan tersebut mengatakan pelatihan ini untuk meningkatkan pemahaman teknis para Babinsa dalam pengoperasian pompanisasi dan pemeliharaan rutin.

“Pelatihan ini dapat meningkatkan wawasan para Babinsa terkait pengoperasian pompanisasi, sehingga memberi manfaat kepada petani di wilayah binaan masing-masing” ujar Dandim.

Menurut Dandim, pelatihan ini juga menekankan pentingnya komunikasi dilapangan baik kepada atasan atau antar rekan Babinsa untuk memastikan bahwa setiap tugas terkait pengelolaan pompa dapat dijalankan dengan lancar dan tanpa hambatan.

“Diharapkan saling berkomunikasi, sehingga bisa saling berbagi pengalaman dan solusi terhadap berbagai tantangan yang mungkin dihadapi di lapangan”, ungkap Dandim.

Sementara, Ibu Intan Ariani S. Hum dari Balai Besar Pelatihan Pertanian Batangkaluku mengatakan bahwa tujuan dari pelatihan tersebut untuk meningkatkan kompetensi tim gugus tugas/pendamping lapangan dalam melakukan pendampingan kegiatan pompanisasi guna mendukung peningkatan areal tanam dan produksi pertanian.

Ia juga mengungkapkan materi yang dilatih meliputi pelatihan pengoperasionalan dan pemeliharaan pompa, melatih komunikasi sosial dalam masalah petani yang tentunya merubah mindset budaya di masyarakat dalam cara bertani.

Pihaknya pun mengapresiasi atas antusias para Babinsa Kodim 1404/Pinrang selama mengikuti pelatihan pendampingan pompanisasi.

“Pelatihan ini tidak hanya sekedar teori, tetapi juga akan diisi dengan praktik on job training langsung di lapangan”, tutup Intan Ariani.