Irdam Kodam XIV/Hasanuddin Kunjungi Lokasi Demplot Pertanian Modern dan Opla Kodim 1404/Pinrang

0
11

Pinrang_ Irdam Kodam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Berlin Germany, S.Sos.,M.M., C.Fr.A., beserta rombongan mengunjugi lokasi demplot pertanian modern dan optiomalisasi lahan rawah (Opla) Kodim 1404/Pinrang yang berlokasi di Lingkungan Madallo Kelurahan Siparappe Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (10/10/2024).

Dalam kesempatan tersebut Brigjen TNI Berlin Germany menyampaikan bahwa saat ini petani kita sudah pintar dan untuk itu kita perlu melakukan metode penyuluhan pertanian ke petani dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemonstrasikan.

Lebih lanjut Brigjen TNI Berlin Germany mengapresiasi Kodim 1404/Pinrang dan Pemerintah Kab. Pinrang yang terus menggenjot swasembada pangan untuk meningkatkan produksi padi nasional, melalui kegiatan Optimalisasi Lahan Rawa (opla), salah satunya dengan pembuatan irigasi sebagai saluran air untuk pengairan lahan rawa.

Sementara itu Dandim 1404/Pinrang Letkol Inf Abdullah Mahua yang diwakili oleh Danramil-04/Paleteang KaptenCba Ridwan menjelaskan bahwa kunjungan bapak Brigjen TNI Berlin Germany ke lokasi pertanian modern dan Opla Kodim 1404/Pinrang memberikan dampak yang sangat positif bagi petani untuk lebih semangat lagi dalam bekerja sehingga Kabupaten Pinrang bisa meningkatkan ketahanan pangan.

“Ketahanan pangan merupakan hal yang sangat penting bagi pelestarian dan kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebuah negara bisa dikatakan kuat bila ketahanan pangan terpenuhi dengan baik. Kita harus terus berupaya agar bisa berswasembada pangan. Sebab semakin maju populasi manusia, otomatis kebutuhan pangan pun ikut bertambah, Negara pengekspor pasti akan membatasinya”, ungkap Kapten Ridwan.