Dandim 0116/Nagan Raya Pimpin Pelaksanakan Upacara Peringatan HUT TNI ke-79

0
14

Nagan Raya, Kodim 0116/Nagan Raya menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) Ke-79 tahun 2024 di Lapangan Upacara Makodim 0116/Nagan Raya, Sabtu (05/10/2024).

Upacara yang berlangsung dengan khidmat tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0116/Nagan Raya Letkol Inf Fairuzzabadi, S.H.. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Nagan Raya serta.

Selaku Inspektur upacara Letkol Inf Fairuzzabadi, S.H. membacakan amanat dari Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si. Peringatan HUT TNI kali ini mengambil tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”. Tema tersebut sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif, dalam menjaga serta mengawal kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Makna yang terkandung dalam tema tersebut, yaitu bahwa Prajurit TNI sebagai pilar Pertahanan Negara memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI, serta mendukung percepatan program pembangunan nasional dan ketahanan negara dalam mewujudkan Indonesia Maju.

Dalam amanatnya Panglima TNI juga menyampaikan bahwa para prajurit TNI harus memiliki kemampuan dasar tempur, mahir bela diri taktis sekaligus mampu mengoperasikan dan memelihara Alutsista yang berteknologi tinggi. “Bila hal ini dapat terwujud, transformasi TNI menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan di kancah regional maupun internasional akan menjadi suatu keniscayaan,”ujarnya.

Keringatan HUT TNI ke-79 di Kodim 016/Nagan Raya ini tidak hanya diikuti oleh anggota TNI tetapi juga dari anggota Brimob Batalion C Pelopor, Polres Polres Nagan Raya, Pemadam Kebakaran Nagan Raya, Pramuka dan Pelajar. Hal ini mencerminkan bahwa TNI bersinergi dengan seluruh komponen bangsa dan lapisan masyarakat.

Upacara berlangsung dalam suasana sederhana namun penuh semangat patriotisme, mencerminkan tekad TNI untuk terus berinovasi dalam menghadapi tantangan masa depan dengan dukungan penuh dari Masyarakat.

Keguatan di Lanjutkan dengan atraksi Pencak silat Binaan Kodim 0116/Nagan Raya dan dilaksanakan pemecahan beton yang di laksanakan oleh Komandan Kodim 0116/Nagan Raya, Atraksi Pemenang Lomba PBB SMP dan SMA Sederajat dan Beberapa Atraksi bg Pon Bintang Nagan Raya.