Dandim 1405 Parepare Pimpin Upacara Ziarah Nasional di TMP Pacekke dalam Rangka HUT ke-79 TNI

0
94

KODIM 1405/PAREPARE – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Komandan Distrik Militer (Dandim) 1405 Parepare, Letkol Kav. S. Simanjuntak, S.I.P., memimpin upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pacekke, Jl. Bau Massepe, Kelurahan Sumpang Minangae, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, pada jumat (4/10).

Upacara tersebut dihadiri oleh jajaran perwira, bintara, tamtama, Pegawai Negeri Sipil (PNS), serta anggota Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XL Dim 1405. Seluruh peserta hadir dengan penuh khidmat untuk memberikan penghormatan dan mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa.

Dengan tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju”, Letkol Kav. S. Simanjuntak dalam amanatnya menyampaikan bahwa ziarah ini bukan hanya sebuah seremonial belaka, namun merupakan bentuk penghargaan yang mendalam terhadap perjuangan para pahlawan.

“Ziarah ini adalah wujud penghormatan kami dari TNI kepada para pahlawan yang telah berkorban demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Di usia TNI yang ke-79 ini, perjuangan dan doa senantiasa kami panjatkan agar TNI terus mampu menjaga keutuhan dan perdamaian negeri ini,” ujar Dandim.

Lebih lanjut, Dandim menegaskan bahwa puncak peringatan HUT ke-79 TNI yang jatuh pada 5 Oktober esok hari akan menjadi momentum untuk menguatkan komitmen TNI dalam menjaga keutuhan bangsa. “Harapan dan doa selalu kami panjatkan agar TNI tetap kokoh dan tangguh dalam melindungi negara,” tambahnya.

Tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju” juga diakui sebagai refleksi atas pentingnya peran TNI dalam menjaga netralitas serta memastikan proses demokrasi berjalan dengan aman dan sukses. “TNI berkomitmen untuk selalu menjaga netralitas dalam setiap pesta demokrasi,” tegasnya.

Usai upacara, para peserta melakukan tabur bunga di makam para pahlawan sebagai simbol penghormatan terhadap jasa mereka. Acara kemudian diakhiri dengan doa bersama untuk keselamatan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Peringatan HUT ke-79 TNI ini menegaskan sinergi antara TNI dan rakyat dalam menjaga kedaulatan dan menghadapi tantangan masa depan, sejalan dengan cita-cita menuju Indonesia Maju.