Upacara Pembukaan TMMD Ke 122 Kembali Digelar Di Kabupaten Simeulue

0
16

Simeulue – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke-122 Tahun 2024 di Kabupaten Simeulue resmi dibuka oleh Pj. Bupati Simeulue yang diwakili oleh Asisten I Sekdakab Bpk. Asluddin S.E.,M.Kes, Rabu (02/10/2024).

Pembukaan TMMD Ke 122 turut dihadiri Pamen Ahli Bid OMP Kolonel Arm Mawardi S.A.P, Danrem 012/TU diwakili Kasiter Korem 012/TU Mayor Inf Legianto, S. Sos, Dandim 0115/Simeulue Letkol Kav Mahdan Almahirsyah, S.Sos., M.Si, unsur Forkopimda Simeulue serta para Pimpinan SKPK dan Jajaran TNI lingkup Kodim 0115/Simeulue.

Adapun Pembukaan TMMD ke 122 ditandai dengan penanda tanganan Naskah kerjasama TNI dengan Pemerintah Kabupaten Simeulue yang mana lokasi TMMD tahun 2024 ini yakni di Desa Blang Seubel Kecamatan Teupah Selatan dipilih menjadi tempat pelaksanaan TMMD tahun 2024 ini.

TMMD merupakan Pencapaian nyata pembangunan fisik yang berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat, seperti jalan, jembatan, sekolah, rumah ibadah, dan fasilitas air bersih. Program ini sering dinilai dari seberapa besar dampak pembangunan infrastruktur terhadap aksesibilitas dan perekonomian desa.
TMMD tidak hanya fokus pada pembangunan fisik, tetapi juga non-fisik, seperti penyuluhan kesehatan, pendidikan, dan kesadaran hukum. Pelaksanaan TMMD melibatkan banyak pihak, seperti pemerintah daerah, TNI, dan masyarakat lokal.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Simeulue yang di wakili Asisten I Sekdakab Bpk. Asluddin S.E.,M.Kes menyampaikan bahwa program TMMD merupakan program terpadu dan lintas sektoral. Program ini dilakukan sebagai wujud kepedulian TNI membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sehingga, pelaksanaan TMMD sebagai karya bakti yang dilakukan bersama-sama antara TNI dan seluruh komponen masyarakat.

Lebih lanjut, Pj Bupati Simeulue yang di wakili Asisten I Sekdakab Bpk. Asluddin S.E.,M.Kes menjelaskan tujuan dilaksanakan TMMD ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi kemiskinan, serta meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat. TMMD digelar untuk mewujudkan pembangunan yang merata, seimbang dan berkesinambungan, sehingga harus ada sinergitas dalam pelaksanaan TMMD 2024.

Saya mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Simeulue mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan pembukaan TMMD. Untuk itu, mari kita semua dengan dipandu semangat TMMD, terus berjalan bersama, membangun negeri ini dengan tangan kita sendiri. Bersama, kita tidak hanya membangun desa, tapi juga membangun masa depan bangsa yang lebih cerah dan lebih kuat, “tutupnya.