Dandim 1422/Maros Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

0
13

Maros – Komandan Kodim 1422/Maros Letkol Arm Nikolas Sirilus memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di lapangan Makodim 1422/Maros Jl. Dr. Ratulangi Kecamatan Turikale Kabupaten Maros, Selasa (01/10/24).

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan oleh pemerintah untuk menanamkan pesan moral nilai kebangsaan di hati seluruh masyarakat Indonesia bahwasanya Pancasila sebagai ideologi negara tidak akan pernah tergantikan oleh paham apapun di Bumi Pertiwi.

Hari Kesaktian Pascasila berawal dari peristiwa 30 September 1965, di mana enam Jenderal senior dan beberapa orang lainnya dibunuh dalam upaya kudeta yang dilakukan oleh para pengawal istana (Cakrabirawa) yang dianggap loyal kepada PKI.

Peristiwa bersejarah ini merupakan masa kelam yang terjadi terhadap bangsa dan Negara Republik Indonesia, sehingga tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Pada upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang bertindak selaku Komandan Upacara Kapten Inf Amran (Pasi Ops Kodim 1422/Maros) dan pembaca tesk Undang-Undang Dasar 1945 Serda Hardiman sedangkan pembaca Ikrar Serka Gilang Tresna.

Upacara peringatan berlangsung sederhana dan penuh hikmat dan dihadiri oleh Kasdim 1422/Maros Perwira Staf, Danramil, Bintara dan Tamtama serta pegawai aparatur sipil negara (ASN) jajaran Kodim 1422/Maros.