Danrem 182/JO Apresiasi Sinergitas Polres Bintuni & Satgas Yonif 642/KPS Jemput DPO Pembunuhan Tahun 2022

0
18

Kolonel Inf Aswin Kartawijaya, selaku Komandan Kolakops Korem 182/JO Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 642/KPS puji Sinergitas Polres Bintuni dengan prajurit Satgas Pamtas Yonif 642/KPS di Pos Meyerga yang telah berhasil Menjemput DPO kasus Pembunuhan Warga Pekerja di tahun 2022 Silam.

Saya Puji dan bangga kepada Satreskrim Polres Bintuni dan Anggota kami di Pos Meyerga Satgas Yonif 642/KPS yang telah berhasil menjemput Saudara Yulianus Orocomnq, DPO Kasus Pembunuhan Warga Pekerja pada Tahun 2022, dengan Aman dan lancar tanpa menimbulkan Korban Jiwa, Dan memang Seharusnya begitu, TNI Polri harus bersinergi apalagi di daerah Rawan seperti di Kampung Meyerga dan Moskona atau di pedalaman Kabupaten Teluk Bintuni, ungkap Kolonel Inf Aswin Kartawijaya

Kejadian Pembunuhan para pekerja pada tahun 2022 itu pelakunya di duga anggota dari OPM dari Kodap IV/Sorong Raya, sehingga dengan berhasilnya penjemputan DPO kasus tersebut berjalan aman adalah suatu prestasi, sehingga Masyarakat sekitar akan merasa lebih aman sekarang ini, Tutup Danrem dalam wawancara melalui Telpon Seluler, Sabtu, (28/9/2024).

Mayor Arh Anton Subhandi, Kasi Intel
Korem 182/JO menjelaskan Kegiatan penjemputan dilakukan oleh tim Macan Gunung Sat Reskrim Polres Teluk Bintuni yang dipimpin langsung oleh Kasat reskrim Iptu Tomi S. Marbun, S.Tr.K., M.H. Dalam kegiatan ini di jemput 3 orang dengan inisial SM, TO merupakan simpatisan batalion Inofina yang telah menyerahkan diri polres Teluk Bintuni untuk Kembali ke pangkalan NKRI. Sedangkan SO merupakan salah satu DPO pembunuhan 4 warga di majenek yang terjadi pada tanggal 29 september 2022 DI kampung majenek. Sebelumnya penjemputan telah dikoordinasi dengan pihak keluarga dan pihak distrik terkait dengan penyerahan dan penjemputan para pelaku pada tanggal 27 September 2024 kemarin.

Hal ini merupakan buah dari kerja keras personil satgas yaitu Danpos Meyerga Letda Inf Deka S beserta 4 orang anggota yang selama sebulan terakhir gencar melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial sebagai upaya persuasif untuk membuat masyarakat yang tergabung dalam OPM, kembali ke pangkuan NKRI. Kegiatan pembinaan teritorial yang selama ini dilaksanakan bersama Aparat Pemerintahan Distrik Moskona Barat berbuah hasil dengan menyerahkan dirinya seorang DPO pelaku pembunuhan pekerja jalan trans bintuni pada tahun 2022 silam dengan inisial SO.

Selanjutnya DPO tersebut sudah diserahkan kepada pihak Reskrim Polres Teluk Bintuni yang diterima oleh Kasat Reskrim Iptu Tomi Samuel Marbun langsung, untuk diproses sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku, tutup Kasi Intel Korem 182/JO